Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Behel Gigi

gesitQQLOUNGE -Behel atau kawat gigi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan estetika, namun juga untuk memperbaiki posisi gigi sehingga memberikan kenyamanan ketika mengunyah. Ini cara merawat behel gigi.

Jika anda telah memutuskan untuk memasang behel gigi, sebaiknya anda telah mengetahui hal-hal esensial tertera di bawah ini agar gigi Anda bisa lebih mempersiapkan diri untuk dipasang kawat atau behel gigi.

Konsultasikan ke Dokter

Pastikan anda memilih dokter yang benar-benar kompeten di bidangnya. Carilah dokter gigi yang mengambil speasialisasi ortodonti.

Setelah menemukan dokter yang cocok, mulailah berkonsultasi untuk mengetahui perawatan apa yang dibutuhkan, jenis behel apa yang akan digunakan, apa saja langkah-langkah yang akan dilakukan dalam perawatan menggunakan behel gigi, hingga mengetahui harga yang dipatok untuk pemasangan beserta perawatannya.

Tujuan Pemasangan Behel

Pemasangan behel tentunya tidak bisa sembarangan. Perlu mengetahui tujuan awalnya, apakah untuk kesehatan atau untuk kecantikan saja. \

Pemasangan behel gigi fungsinya adalah untuk merapikan deretan yang kurang rapi dan menimbulkan masalah di dalam mulut. Proses pengunyahan makanan kurang optimal, sariawan, gigi bolong, dan lain-lain. Dengan pemasangan behel, masalah-masalah tersebut bisa diatasi.

Ketahui Jenis-jenis

Ada berbagai jenis yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Mulai dari yang berbahan metal (stainless steel), keramik, safir. Ada behel damon, behel transparan, retainer, aligner, juga lingual.

Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Behel metal tersebut memerlukan jangka waktu kontrol sekitar 3-4 minggu untuk mengganti karetnya agar tetap bekerja secara efisien.

Untuk behel damon, pasien perlu mengontrolnya dalam jangka waktu 4-8 minggu sesuai saran dokter.

Risiko Pemasangan

Pemasangan yang kurang tepat bisa memunculkan masalah baru seperti gigi yang tidak kunjung rapi dan cenderung tambah berantakan.

Tahapan Perawatan

Setelah perawatan menggunakan selesai, dokter akan melepasnya dan membersihkan secara menyeluruh.

Lama penggunaannya tergantung kebutuhan, ada yang cukup 1 tahun, ada yang perlu lebih lama.