Terpikat Keramahan Masyarakat Indonesia, Pelatih Brasil U-17 Belajar Belajar Bahasa Indonesia

Pelatih Timnas Brasil U-17 di Piala Dunia U-17 2023, Phelipe Leal. (c) FIFA

GesitQQ_Lounge – Terpikat Keramahan yang ditunjukkan masyarakat Indonesia selama gelaran Piala Dunia U-17 2023 Indonesia ini membuat jatuh hati Phelipe Leal. Pelatih Brasil U-17 ini mengaku terkesan dan merasa nyaman dengan sambutan hangat masyarakat Indonesia.

“Sekali lagi, dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia. Di mana pun kami berada, mereka selalu menerima kami dengan baik dan sopan,” kata Leal, dalam rilis yang di dapat redaksi Bola.net, Senin (20/11).

“Ini membuat kami lebih nyaman. Ini membuat para pemain lebih percaya diri, bisa berkonsentrasi, dan menjaga fokus untuk melaju ke babak empat besar,” sambungnya.

Keramahan ini juga memotivasi Leal untuk lebih lekat dengan kultur Indonesia. Salah satu cara yang di ambil pelatih berusia 36 tahun ini adalah dengan belajar bahasa Indonesia.

“Sedikit demi sedikit, tim pelatih kami ingin lebih dekat dengan kultur masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah dengan mempelajari hal kecil-kecil seperti ucapan sehari-hari,” katanya.

“Hal ini supaya para pemain bisa mengerti kultur Indonesia. Karena masyarakatnya sangat menerima kami. Ini juga penting agar pemain lebih nyaman dan tenang, sehingga mendapat dukungan masyarakat Indonesia,” sambungnya.

Brasil sendiri saat ini sedang berada di Solo. Mereka akan melakoni laga Babak 16 Besar menghadapi Ekuador. Pertandingan ini bakal di helat di Stadion Manahan Solo. Senin (20/11) sore.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Bawa Juru Masak Sendiri

Sementara itu, untuk adaptasi lain, khususnya soal makanan, Brasil U-17 di pastikan tak akan mendapat masalah. Mereka memboyong juru masak sendiri dari Brasil.

“CBF sebagai Federasi Sepak Bola Brasil selalu mendukung penuh perjuangan pemain di luar negeri. Apalagi ini adalah kejuaraan Piala Dunia U-17 2023. Presiden CBF dan Chief of Delegation kami selalu membantu untuk membuat pemain nyaman,” papar Leal.

“Ini penting sekali mengingat ada perbedaan makanan di Indonesia dengan di Brasil. Karenanya, kami membawa chef sendiri supaya anak-anak semakin nyaman dengan makanannya,” imbuhnya.

Faktor Fabio Oliveira

Fabio Oliveira (c) Fabio Oliveira

Kedekatan skuad Brasil dan masyarakat tuan rumah tak bisa di lepaskan dari keberadaan sosok Fabio Oliveira di tim tersebut. Fabio, yang merupakan mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, di dapuk sebagai staff khusus skuad Brasil U-17 untuk ajang ini.

BACA JUGA : Pengakuan Pelatih Timnas Jerman U-17 yang Mengaku Mengenal Sosok Thomas Doll

“Saya bertanggung jawab dengan logistik tim. Selain itu, saya juga menjembatani tim ini, karena ada perbedaan secara kultur, termasuk juga bahasa,” papar Fabio, kepada Bola.net, beberapa waktu lalu.

Fabio sendiri mengaku senang dengan tugasnya ini. Selain membantu tim dari negara kelahirannya, menurut pelatih berusia 50 tahun tersebut, dengan tugasnya saat ini ia bisa banyak belajar, termasuk soal kepelatihan.

“Saya senang sekali karena dengan tugas ini saya juga bisa sambil belajar,” kata Fabio.

“Saya dapat banyak ilmu dari staf kepelatihan, termasuk misalnya bagaimana menyiapkan tim, melakukan pemanasan, dan banyak lagi. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya,” ia menandaskan.

Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Suporter Brasil U-17 di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Senin, 20 November 2023

15:30 WIB – Ekuador vs Brasil – Indosiar, Vidio
19:00 WIB – Spanyol vs Jepang – Indosiar, Vidio

Selasa, 21 November 2023

15:30 WIB – Mali vs Meksiko
15:30 WIB – Jerman vs Amerika Serikat
19:00 WIB – Argentina vs Venezuela
19:00 WIB – Maroko vs Iran

Rabu, 22 November 2023

15:30 WIB – Inggris vs Uzbekistan
19:00 WIB – Prancis vs Senegal

SUMBER BERITA : GESITQQ