Tanaman Hias yang Dapat Di bentuk dengan Cara Topiari

gesitQQLOUNGE – Mengubah bentuk tanaman menjadi lebih menarik bisa di lakukan dengan cara topiari. Meski tak semua tanaman hias dapat di bentuk dengan teknik pemangkasan ini, namun secara umum ada jenis dan karakteristik khusus yang di gunakan dalam topiari.

Umumnya berciri daun kecil dan meruncing, tumbuh lebat, berkayu, sehingga mudah untuk di bentuk.

Topiari adalah teknik memangkas dedaunan dan ranting untuk memperindah maupun mempertahankan bentuk alami tanaman. Wujud tanaman yang di pangkas topiari pun beragam sesuai kebutuhan dan selera pemiliknya.

Misalnya, menjadi pagar pembatas taman yang berbentuk kubus, bola, spiral, kerucut, binatang, hingga bentuk lain yang rumit.

Berikut 7 tanaman hias yang dapat di bentuk dengan cara topiari agar lanskap taman tampak lebih artistik namun tetap terkesan rapi.

1. Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Pucuk merah adalah salah satu tanaman hias yang dapat di bentuk dengan cara topiari.

Selanjutnya Tanaman yang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara ini mudah tumbuh, memiliki daun yang rimbun, cabang yang rapat, serta tahan dari serangan penyakit menjadikannya cocok sebagai tanaman topiari.

Sesuai dengan namanya, pucuk merah memiliki pucuk daun berwarna kemerahan yang cerah, sehingga tampak kontras namun mempermanis pekarangan.


2. Cemara Kipas (Cupressaceae)

Yudi (32) merawat cemara kipas sebelum dijual ke Surabaya sebagai pohon natal di Desa Sidomulyo, Batu, Jawa Timur, Selasa (2/12). Menjelang natal, permintaan pohon cemara tersebut meningkat hingga 20 persen terutama jenis cemara kipas yang berukuran kecil, dijual dengan harga Rp. 15.000 - Rp. 500. 000 per tanaman. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/Rei/Spt/14.Foto: Ari Bowo Sucipto
Cemara kipas adalah tanaman hias yang dapat dibentuk

Selain itu Cemara kipas tumbuh tinggi dan tegak, dengan daun menyerupai kipas. Bentuknya yang kokoh dan menjulang membuatnya sering di jadikan tanaman pagar.

Tanaman yang berasal dari kawasan Asia ini biasa di bentuk bidang sederhana seperti piramida atau kerucut, mengikuti bentuk tajuk aslinya.


3. Ligustrum Kuning

Tanaman hias yang dapat di bentuk selanjutnya adalah ligustrum kuning. Tanaman semak ini juga memiliki daun berwarna hijau muda terang kekuningan.

Ligustrum kuning ini juga tergolong tumbuh cepat dengan perawatan minimal. Tanaman ini sangat kuat, tahan terhadap serangan hama dan penyakit, panas, bahkan iklim yang kering.

cukup pangkas ligustrum ke bentuk yang di inginkan serta untuk mengontrol ketinggian tanaman. Jangan memangkas bagian bawah pohon secara miring agar tanaman mendapat sinar matahari yang cukup.


4. Pacar Cina (Aglaia odorata)

Beautiful Flower, Bunch of Aglaia Odorata, Telur Belangkas, Mock Lime, Chulan, Bebak, Chinese Rice Flower, Pokok Telur Belangkas or Chinese Perfume Plant with Yellow Flowers in The Garden.Foto: iStockphoto/Arayabandit
Pacar cina adalah tanaman hias yang dapat dibentuk

Selanjutnya Tanaman perdu yang berasal dari Asia Tenggara ini sering di samakan dengan kemuning. Tanaman pacar cina juga dapat tumbuh setinggi 2-6 meter dengan memiliki banyak cabang dengan daun kecil-kecil dan lebat.

Selain itu, bunganya berwarna kuning, berbau wangi, dan tumbuh rapat. Struktur batangnya yang berkayu dan kasar membuatnya ideal untuk di bentuk.

Maka tak heran, pacar cina sering di jumpai di kebun atau pekarangan terbuka yang di fungsikan sebagai tanaman pagar.


5. Tanaman Boxwood (Buxus)

Gardendesign with buxus balls, yew  and stone ballsFoto: Istockphoto/fotolinchen
Boxwood adalah tanaman hias yang dapat dibentuk

Tanaman semak ini dapat di bentuk dan sangat cocok untuk menambah kesan elegan pada lanskap taman.

Tanaman boxwood adalah sejenis pohon cemara dengan daun lebar yang bisa di pangkas dengan cara topiari. Penggunaan tanaman ini sudah di pilih selama berabad-abad karena sangat mudah untuk mengkreasikannya menjadi beragam bentuk.


6. Asoka Merah (Saraca asoca)

Selain itu Tanaman Asoka memiliki daun mungil, berbatang tegak, dan ranting yang padat membuatnya ideal di bentuk dengan cara topiari. Tanaman asoka juga mudah tumbuh subur di pekarangan sehingga oleh pemiliknya sering di manfaatkan sebagai tanaman pagar.

Dan tanaman semak ini cocok hidup di iklim tropis seperti Indonesia dan bisa tumbuh hingga lebih dari 1 meter. Semakin tua daun, warna hijaunya akan semakin tua. Bunganya berwarna merah menyala dengan bentuk unik.


7. Bunga Kertas (Bougenville)

Tanaman bougenville amenities menghiasi Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta. Senin, 19 Agustus 2019. Bougenville amenities memiliki serapan polusi udara kategori tinggi sebesar 45,44 mikrogram/gram. CNN Indonesia/Andry NovelinoFoto: CNN Indonesia/Andry Novelino
Bunga kertas atau bugenvil adalah tanaman hias yang dapat dibentuk 

Dan Bougenville adalah tanaman hias yang dapat di bentuk. Pertumbuhannya tergolong cepat, membutuhkan pemangkasan rutin agar tetap menjaga bentuknya, salah satunya dengan cara topiari.

Bougenville juga memiliki bunganya berwarna-warni dan cara merawat yang mudah menjadikannya populer di kalangan pencinta tanaman.