Mengandung Antioksidan Ini Potensi Manfaat Cantigi Ungu bagi Kesehatan

Buah cantigi ungu memiliki kandungan antioksidan yang berpotensi memberikan manfaat

Mengandung Antioksidan Ini Potensi GESITPOKER Lounge – Cantigi ungu (Vaccinium varingiaefolium) merupakan salah satu jenis pepohonan Indonesia yang dapat di temui di hutan-hutan pegunungan. Tanaman cantigi juga di kenal dengan nama cantigi gunung atau mentigi gunung.

Cantigi ungu merupakan tanaman yang masih satu genus (marga) dengan beberapa tanaman kaya manfaat, seperti blueberry (Vaccinium corymbosum), bilberry (Vaccinium myrtillus), atau blueberry rawa (Vaccinium uliginosum).

Tanaman Vaccinium di kenal sebagai jenis tanaman dengan kandungan antioksidan yang tinggi sehingga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Potensi manfaat cantigi ungu bagi kesehatan

Belum banyak penelitian yang membahas mengenai manfaat buah cantigi ungu bagi kesehatan. Akan tetapi, keberadaan tanaman cantigi di anggap memiliki manfaat bagi lingkungan hidup dan kandungan antioksidan pada buahnya di nilai punya potensi manfaat bagi kesehatan.

1. Membersihkan udara

Mengandung Antioksidan Ini Potensi Sebuah penelitian yang di terbitkan di UNESCO menunjukkan bahwa pohon cantigi memiliki peran penting dalam menyerap karbon di oksida dari lingkungan sekitarnya.Manfaat ini di nilai dapat memberikan dampak positif berupa kondisi udara yang lebih bersih sehingga secara umum membantu meningkatkan kesehatan orang-orang di sekitarnya.

2. Sumber antioksidan

Walaupun tidak sebanyak bilberry, ekstrak buah cantigi ungu memiliki kandungan antioksidan flavonoid dan antosianin yang merupakan zat pewarna alaminya. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Antioksidan bekerja sebagai penangkal radikal bebas di dalam tubuh sehingga bisa mencegah kerusakan sel tubuh akibat proses oksidasi. Anda perlu tahu kalau proses oksidasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan, termasuk penyakit-penyakit kronis dan penuaan dini.

3. Meredakan peradangan

Kandungan flavonoid pada ekstrak buah cantigi memiliki potensi untuk meredakan peradangan pada tubuh.

Peradangan merupakan salah satu respons imun ketika tubuh terpapar oleh alergen, kuman, racun, atau iritan lainnya. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh.

Senyawa flavonoid dapat membantu tubuh untuk mengabaikan reaksi peradangan tersebut sehingga gejalanya bisa berkurang.

Mengandung Antioksidan Ini Potensi Manfaat Cantigi Ungu bagi Kesehatan

4. Berpotensi mencegah penyakit kardiovaskuler

Antosianin merupakan zat pewarna ungu pada buah cantigi. Tanaman-tanaman yang kaya akan antosianin telah lama di manfaatkan secara turun-temurun untuk memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kandungan antosianin banyak di manfaatkan untuk membantu mengatasi gangguan kesehatan terkait kadiovaskuler (jantung dan pembuluh darah). seperti insufisiensi vena kronis, tekanan darah tinggi, dan retinopati di abetik.

5. Berpotensi mencegah penyakit kanker

Antosianin juga di anggap berpotensi menghambat kanker. Sebuah penelitian pada tahun 2010 menunjukkan bahwa senyawa antosianin pada ekstrak buah blueberry dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Adanya antosianin dalam buah cantigi ungu menunjukkan bahwa buah ini berpotensi untuk memberikan manfaat yang kurang lebih sama dengan blueberry.

Akan tetapi, di perlukan banyak penelitian terkait kemampuan antosianin mengatasi kanker untuk membuktikannya. Khususnya, mengenai senyawa antosianin yang ada dalam buah cantigi.

6. Berpotensi menurunkan risiko di abetes tipe 2

Buah cantigi ungu mengandung antioksi dan flavonoid yang di anggap punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi flavonoid dapat membantu menurunkan risiko terjadinya di abetes tipe 2. Asupan tinggi flavonoid memiliki korelasi dengan risiko di abetes tipe 2 yang lebih rendah.

Akan tetapi, belum ada penelitian yang membuktikan potensi manfaat kesehatan dari kandungan flavonoid di dalam buah cantigi. Sehingga, di perlukan banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan khasiatnya sebelum di manfaatkan layaknya tanaman genus Vaccinium lainnya.

Meski di anggap bermanfaat, sebaiknya Anda tidak menggunakan tanaman cantigi atau buahnya sebagai pengobatan karena belum benar-benar terbukti secara ilmiah. 

BACA JUGA : Ini Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasa





GESITPOKER Situs Game Online Terpercaya Dan Terbesar di Asia