Ini Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasa

Dialami Banyak Orang, Ini 5 Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasa

Ini Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasa GESITPOKER Lounge – Puasa adalah ibadah yang wajib dijalani umat Islam seluruh dunia pada bulan suci Ramadan.

Sayangnya, meskipun dalam jangka panjang puasa memberikan manfaat kesehatan, tetapi puasa juga bisa memunculkan berbagai keluhan yang cukup umum pada banyak orang. Apa saja? Simak sampai habis.

Lemah

Dialami Banyak Orang, Ini 5 Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasa

Beberapa orang merasa menjadi lebih lemah saat berpuasa. Sebenarnya, puasa tidak seharusnya menghalangi aktivitasmu. Namun, jika kamu mengalami masalah ini, kamu perlu menurunkan aktivitas fisik pada siang hari jika memungkinkan, menurut saran dari penelitian yang dipublikasikan di Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports.

Untuk kamu yang memiliki pekerjaan yang menuntut fisik, hal ini tentunya akan menjadi masalah. Tetap terhidrasi dengan baik dan menambah asupan garam adalah dua cara potensial untuk mencegah perasaan lemah.

BACA JUGA : Tips Mencegah Sembelit selama Berpuasa dan biar Puasa Tetap Nyaman

Sembelit

Dialami Banyak Orang, Ini 5 Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasa

Saat kamu makan lebih sedikit, masuk akal jika kemudian secara alami kamu akan buang air besar lebih sedikit.

Jika kamu tidak mengalami kembung dan tidak perlu mengejan terlalu keras untuk buang air besar, kemungkinan kamu tidak mengalami sembelit. Namun, jika kamu mengalami kembung dan kesulitan buang air besar, kamu perlu meningkatkan hidrasi atau mencoba suplemen magnesium.

Gula darah tinggi

Dialami Banyak Orang, Ini 5 Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasa

GESITPOKER Lounge – Meskipun puasa bermanfaat untuk mengontrol gula darah secara keseluruhan, tetapi beberapa orang justru merasa gula darah mereka meningkat selama puasa. Hal ini terjadi ketika hati melepaskan glukosa ke aliran darah sebagai respons untuk menerima sinyal bahwa tubuh mungkin membutuhkan lebih banyak energi setelah istirahat yang lama, menurut penemuan yang dipublikasikan dalam jurnal Endocrine Practice.

Kendati demikian, kadar gula darah puasa yang sedikit meningkat ini mungkin tidak menjadi perhatian klinis, terutama jika hanya terjadi saat puasa. Namun, jika gula darah puasa kamu meningkat secara teratur di atas 130, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter.

Sakit kepala

Dialami Banyak Orang, Ini 5 Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasa

Sakit kepala merupakan keluhan yang cukup umum selama berpuasa. Jadi, pastikan kamu minum banyak air selama waktu makan.

Kabar baiknya, seiring waktu, tubuh akan terbiasa dengan jadwal makan baru ini, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Rambut rontok

Dialami Banyak Orang, Ini 5 Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasa

Bagi beberapa orang, puasa dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tiba-tiba atau kekurangan nutrisi yang tepat, terutama protein dan vitamin B.

Meskipun puasa tidak selalu menyebabkan hilangnya nutrisi, tapi sering kali cenderung lebih sulit untuk memenuhi nutrisi dari makanan karena jam makan yang lebih pendek saat puasa. Untuk mencegah kerontokan rambut, kamu perlu mengevaluasi kembali kandungan nutrisi makanan harian saat sahur dan berbuka.

Meskipun cukup mengganggu, tapi sebenarnya keluhan tersebut cukup umum saat puasa, dan kamu tidak perlu khawatir. Kabar baiknya, kamu bisa mencegahnya dengan menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang saat sahur dan berbuka.

BACA JUGA : 7 Khasiat Ajaib Untuk Kesehatan Dampak Rutin Minum Kunyit Asam