5 Jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat

beritagesit — Kemampuan daya ingat dan konsentrasi bisa saja menurun seiring pertambahan usia. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat di lakukan untunk meningkatkan daya ingat, salah satunya dengan mengkomsumsi makanan sehat.

Menurut seorang dokter umum, dalam unggahannya di media sosial ada beberapa daftar makanan sehat yang dapat menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kinerja otak, seperti memori dan konsentrasi.

Apa saja ? Berikut kita simak ulasannya :

1. Telur

Telur merupakan Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat yang paling mudah di temui dan di olah

Seiring sebagai bahan makanan yang paling mudah di temukan sekaligus mudah di olah adalah telur. Telur kaya akan nutrisi yang baik untuk meningkatkan daya ingat karena mengandung banyak vitamin.

Termasuk vitamin B6, B12, dan asam folat yang sangat baik untuk kesehatan sel saraf di otak.

2. Ikan Berlemak

Ikan Sarden, Salmon dan Trout adalah Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Ada beberapa jenis dari Ikan Berlemak yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, tetapi yang paling di kenal ikan salmon, ikan sarden dan trout, karena ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki peran penting untuk proses pembentukan daya ingat di otak.

3. Blueberry

Berry yang berwarna gelap merupakan Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Buah yang ternyata punya manfaat yang besar untuk kesehatan otak. Buah yang kecil ini memiliki banyak kandungan yang di butuhkan tubuh, karena berikan antioksidan tinggi.

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam Blueberry karena bekerja memperkuat daya ingat karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan

Antioksidan di butuhkan karena bermanfaat untuk melawan stres oksidatif dan peradangan, dua hal yang berkontibusi pada penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif.

4. Brokoli

Brokoli memiliki sifat untuk Meningkatkan Daya Ingat

Sayur brokoli adalah sayuran yang selanjutnya sangat di butuhkan tubuh, karena di kemas dengan senyawa tanaman yang kuat, termasuk antioksidan. Sayuran yang sangat tinggi vitamin K ini sangat penting untuk pembentukan dan meningkatkan memori dan daya ingat otak menjadi lebih baik.

Untuk melindungi dari kerusakan pada jaringan otak, dibutuhkan vitamin K. Brokoli mengandung senyawa yang memiliki efek anti inflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi otak dari kerusakan.

5. Gandum Murni

Roti gandum merupakan Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Otak sejatinya sangat membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konstan. Kita ketahui Gandum murni mempunyai peran untuk mendukung kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa sangat membantu pelepasan glukosa dalam tubuh.

Untuk kamu yang merasa sangat sulit dalam mengingat berbagai hal ada baiknya rutin konsumsi makanan yang mengandung gandum murni. Makanan yang termasuk gandum murni adalah seperti beras, roti atau biskuit gandum utuh dan sereal.