Makanan yang Bikin Susah Tidur Hindari Cokelat Dan Tomat

gesitQQLOUNGE – Nyatanya, mengonsumsi jenis makanan tertentu di malam hari dapat mengganggu waktu tidurmu. Banyak sekali orang yang susah tidur.

Maka itu, penting untuk kamu memperhatikan kembali jenis asupan saat makan malam. Beberapa makanan justru membawa efek sebaliknya.

Mungkin tanpa kamu ketahui, sejumlah makanan mampu membuatmu sulit tidur hingga insomnia. Nah, untuk meminimalisasi kejadian yang tak diinginkan tersebut, ada baiknya kamu simak daftar makanan yang tak dianjurkan dikonsumsi sebelum tidur, seperti berikut ini.

1. Makanan pedas

6 Makanan yang Bikin Susah Tidur, Hindari Cokelat hingga Tomat (1)

Rempah-rempah seperti cabai umumnya tinggi akan sifat termogenik. Senyawa ini mampu meningkatkan suhu tubuh. Tak hanya itu, Erin Palinski Wade, RD, CDE mengatakan senyawa dalam cabai berpotensi mengalirkan darah lebih aktif lagi. Karena itulah, ketika makan makanan pedas seseorang dapat terjaga lebih lama.

2. Es krim

6 Makanan yang Bikin Susah Tidur, Hindari Cokelat hingga Tomat (2)

Semangkuk es krim sebagai penutup makan malam memang nikmat. Tapi, pastikan kamu mengonsumsinya tak terlalu larut, ya. Sebab, menurut ahli kedokteran fungsional, Dr. Josh Axe, DNM, CNS, DC menjelaskan bahwa kudapan nan manis tersebut mampu meningkatkan hormon stres, sehingga kamu mengalami gangguan tidur.

3. Tomat

6 Makanan yang Bikin Susah Tidur, Hindari Cokelat hingga Tomat (3)

Tak semua dan selamanya mengonsumsi buah di malam hari menjadi pilihan terbaik. Jika kamu sering ngemil tomat apalagi sebelum tidur, maka lebih baik mulai menguranginya, ya. Sebab, ahli diet Amanda Kostro Miller, RD, LDN menegaskan kalau tomat benar-benar merusak jam tidur tiap orang.

4. Cokelat manis

6 Makanan yang Bikin Susah Tidur, Hindari Cokelat hingga Tomat (4)

Mengutip Eat This, rasa manis yang membuat kita ketagihan makan cokelat rupanya bisa mengganggu kesehatan. Konon, kafein dalam cokelat sama banyaknya seperti yang ada di kopi hitam. Inilah yang membuat kita lebih aktif sehingga bisa terjaga hingga larut malam.

5. Makanan berlemak dan berprotein tinggi

6 Makanan yang Bikin Susah Tidur, Hindari Cokelat hingga Tomat (5)

Apa pun hidangan dengan lemak dan protein tinggi cenderung tidak dianjurkan dikonsumsi kala malam hari. Walau protein adalah sumber pangan sehat, tapi jangan coba-coba mengonsumsinya sebelum tidur. Lantaran kamu akan serta-merta mengalami gangguan yang cukup parah.

6. Sereal manis

6 Makanan yang Bikin Susah Tidur, Hindari Cokelat hingga Tomat (6)

Ahli gizi Lisa DeFazio, MS, RDN, menjelaskan sereal manis mengandung tinggi gula. Saat seseorang akan tidur, normalnya gula darah secara alami mulai menurun. Kalau kamu mengonsumsi sereal tinggi gula ini, maka bukan tak mungkin, akan memengaruhi aktivitas istirahat dan justru menimbulkan gejala gangguan tidur.Maka itu, untuk kamu yang masih sering konsumsi sejumlah makanan di atas, yuk mulai mengurangi agar tidurmu lebih berkualitas.