Kondisi Susah Tidur Karena Stress Selama Tidak Bisa Keluar Rumah

gesitQQLOUNGE – Selama masa sekarang ini ada banyak istilah baru bermunculan. Ini dia penyebab kondisi susah tidur.

Mulai Dari maskne atau mask dan acne untuk sebutan jerawat yang muncul karena pemakaian masker.

Kondisi ini menjadi salah satu fenomena baru yang muncul selama pandemi karena dialami oleh banyak orang di seluruh dunia.

Menurut laporan BBC, di china angka insomnia meningkat dari 14,6% menjadi 20% selama masa sekarang.

Untuk kamu yang mengalami tidak bisa tertidur di malam hari, berita gesit telah merangkum cara yang bisa kamu terapkan agar kamu bisa mengatasi tidak bisa tidur di masa sekarang ini.

Sebagian besar dari kita mungkin pernah mendengar cara mengatasi susah tidur yang klasik dengan menghitung jumlah domba. Nah, teknik yang satu ini juga hampir mirip dengan cara lama tersebut. Bedanya, kita menghitung setiap tarikan dan hembusan napas

Letakkan kedua tangan di samping kepala kanan dan kiri. Lakukan gerakan ini sambil bernapas hingga tubuh merasa rileks.

Setelah itu, kita bisa tidur dengan posisi badan miring dan meringkuk seperti bayi.

Melakukan napas perut dan menghitung setiap napasnya

5 Cara Atasi Coronasomnia, Kondisi Susah Tidur karena Stres Selama Pandemi (47)
Atur napas agar lebih rileks. Foto: Shutterstock

Sebagian besar dari kita mungkin pernah mendengar cara mengatasi susah tidur yang klasik dengan menghitung jumlah domba. Nah, teknik yang satu ini juga hampir mirip dengan cara lama tersebut. Bedanya, kita menghitung setiap tarikan dan hembusan napas.Dr. Chris Colwell menyarankan agar kita mengambil napas perut saat merasa susah tidur atau terbangun dan sulit tidur lagi. Sambil bernapas, kita disarankan untuk menghitungnya. Hitungan pertama dimulai dari saat kita menarik napas, kemudian hitungan kedua adalah saat kita menghembuskannya. Lakukan pernapasan perut sambil menghitung sampai tubuh menjadi lebih rileks dan tertidur.Menurut

. Chris, napas perut bisa membantu kita jadi lebih rileks dan meredakan pikiran-pikiran yang muncul karena susah tidur.

Tidur dengan posisi meniru gerakan yoga

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi coronasomnia adalah melakukan gerakan yoga child’s pose sebelum tidur atau memperagakannya sampai kita benar-benar tertidur.Child’s pose sendiri merupakan gerakan yoga dimana kita berada dalam posisi duduk di atas lutut, lalu telungkupkan badan hingga perut menyentuh paha dan dahi menyentuh bantal. Letakkan kedua tangan di samping kepala kanan dan kiri. Lakukan gerakan ini sambil bernapas hingga tubuh merasa rileks. Setelah itu, kita bisa tidur dengan posisi badan miring dan meringkuk seperti bayi.

Meletakkan gadget di luar kamar

5 Cara Atasi Coronasomnia, Kondisi Susah Tidur karena Stres Selama Pandemi (48)

Sama dengan mengatasi insomnia pada ummumnya, Dr. Chris menyarankan agar kita meletakkan gadget di luar kamar tidur.

Namun, tidur dekat dengan gadget justru membuat kita susah tidur.

Hindari gadget paling tidak 30 menit sebelum tidur.

Tak hanya itu, sinar biru atau blue light dari gadget juga bisa memblokir hormon melatonin yang membantu kita merasa mengantuk.

Kalau tiba-tiba kita terbangun tengah malam, usahakan untuk tidak mencari atau melihat gadget. Kamu bisa mengalihkan perhatian dengan ke kamar mandi atau minum air putih.

Biasakan diri untuk menulis jurnal

5 Cara Atasi Coronasomnia, Kondisi Susah Tidur karena Stres Selama Pandemi (49)

Para ahli juga menyarankan kita selalu siap sedia jurnal atau buku harian di dekat tempat tidur. Jurnal atau buku harian ini akan membantu kita menuangkan pikiran berlebihan yang kerap muncul tiap malam dan membuat kita kesulitan tidur.

Menulis jurnal bisa membuat kita meyakini bahwa tidur bukanlah cara untuk menghindari masalah. Justru kita bisa meyakinkan diri bahwa dengan tidur yang cukup, esok hari kita lebih bisa mengatasi masalah dengan baik.

Tak hanya itu, menuangkan pikiran dalam jurnal juga bisa meringankan stres berlebihan. Jadi tubuh bisa makin rileks dan mudah tidur.

Menghitung hal baik yang terjadi tiap hari

5 Cara Atasi Coronasomnia, Kondisi Susah Tidur karena Stres Selama Pandemi (50)

Salah satu cara mudah untuk membantu kita cepat tidur adalah menghitung hal baik yang sudah kita alami dalam sehari.

Memikirkan hal baik bisa memberikan kita energi positif dan membuat pikiran jadi lebih tenang.

Untuk melakukannya, kamu bisa menghitung paling tidak lima hal baik. Lalu Hitungan kedua, ucapkan hal baik lainnya sambil menempelkan jari tengah ke jempol. Lakukan semuanya sampai hitungan kelima.