Kepribadian Narsistic, Pekerja Kantor Rentan Alami Gangguan Kepribadian

Pekerja Kantor rentan mengalami stres

beritagesit — Seringkali tuntutan pekerjaan di kantor menimbulkan stres. Ada beberapa faktor yang dapat membuat seseorang mengalami gangguan kepribadian narsistic di kantor, di antaranya kompetisi antar pekerja.

Seperti ingin selalu tampil baik terhadap atasan, ingin selalu di puji oleh orang lain, hingga merendahkan rekan kerja lain.

Ingin terlihat baik baik dan di puji orang di lingkungan pekerjaan dengan mengorbankan orang lain merupakan suatu gangguan kejiwaan. Karena, hal itu merupakan suatu perubahan sikap dan perilaku dari seseorang yang sebenarnya tidak boleh di lakukan. Dalam kesehatan jiwa, perlu kita mengenal apa itu kepribadian.

Kepribadian adalah suatu bentuk, sikap, fikiran dan perilaku dari seseorang dalam bagaimana ia bersosialisasi dengan dunianya yang termasuk dalam dunia pekerjaan.

Dalam hal tersebut, dan dalam lingkup pekerjaan, dapat di katakan bahwa kepribadian sering di dapat adalah suatu kepribadian narsistic. Kepribadian narsistic bisa menjadi ciri kepribadian, bisa juga menjadi suatu gangguan kepribadian.

Ciri Kepribadian Narsistic

Ciri-ciri Kepribadian Narsistic adalah sebagai berikut :

  • Merasa diri nya hebat
  • Merasa diri nya ingin di puji
  • Selalu ingin menjadi nomer satu
  • Tidak memiliki rasa empati kepada rekan kerjanya

Tetapi jangan heran, terkadang ciri-ciri tersebut tidak serta merta menjadi gangguan kepribadian secara narsistic, bisa jadi hal tersebut merupakan jiwa ambisius pribadi seseorang yang memiliki jiawa tersebut.

Hal yang perlu kita tekankan, setiap orang pasti memiliki suatu kepribadian narsistic, tetapi jika kita sebutkan bahwa hal ini merupakan gangguan, maka ia harus memenuhi kriteria diagnosisnya.

Dia harus menunjukkan bahwa hal tersebut menimbulkan suatu penderitaan.

Dan yang merasa fungsi serta produktivitasnya menjadi tidak baik dalam kehidupan sehari-hari atau dalam lingkup pekerjaan di kantornya.

Dokter spesialis kesehatan jiwa, dr. Lahargo Kembaren, SpKJ dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, menyebutkan bahwa, iri dengan kesuksesan orang lain, dan merasa diri nya paling hebat.

Dengan cara membanggakan diri nya dan merendahkan orang lain merupakan ciri suatu gangguan kejiwaan.

Kadang-kadang, jika kita berbicara dengan orang yang memiliki gangguan narsisistic, misalnya kita bercerita tentang diri kita.

Maka dengan mudah dia akan mengatakan ‘eh sama, saya juga begitu’, kerap kali ia bersifat tidak mau tersaingi dan selalu menceritakan sesuatu tentang diri nya.

“Dengan mengenal orang yang seperti ini, kita tahu bahwa hal ini adalah suatu gangguan kepribadian.

Hal ini terkadang yang dapat mengganggu relasi, mengganggu pekerjaan dalam kehidupan sehari hari

dan membuat suasana di kantor menjadi tidak nyaman karena hanya dia yang merasa bawa diri nya paling hebat,” ucap dr. Lahargo Kembaren.