Jenis-jenis Penyakit Autoimun dan Gejalanya

GesitQQ Lounge – Seorang guru di Sukabumi di sebut mengalami kelumpuhan setelah menjalani vaksinasi covid-19 kedua. Dia diagnosis mengalami penyakit autoimun.

Penyakit autoimun memang kerap tak di sadari atau bahkan di anggaop ‘penyakit biasa’ yang bisa sembuh sendiri. Apa sebenarnya autoimun?

Penyakit ini merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh (sistem imun) secara keliru justru menyerang tubuh anda. Pada umumnya, sistem imun bertugas untuk melindungi tubuh dari beragam kuman seperti bakteri dan virus.

Berikut beberapa jenis autoimun yang paling umum.

1. Diabetes tipe-1

Pankreas menghasilkan hormon insulin yang membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Pada diabetes melitus -1, sistem kekebalan tubuh justru menyerang dan menghancurkan sel sel yang memproduksi insulin di pankreas.

2. Rheumatoid arthritis

Pada rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh menyerang sendi. Serangan ini menimbulkan ruam, demam, nyeri, dan rasa kaku pada persendian.

3. Psoriasis atau radang sendi

Pada penderita psoriasis, sel imunitas menyerang kulit sendiri sehingga membuat kulit memproduksi sel lebih cepat di bandingkan kondisi normal. Akibatnya, munculruam kemerahan dan sisik di kulit yang menimbulkan rasa gatal.

4. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis merusak selubung mielin. Nama terakhir merupakan lapisan pelindung yang mengelilingi sel di dalam sistem saraf pusat Anda.

5. Systemic lupus erythematosus

Pada tahun 1800-an, para ahli mendefinisikan penyakit lupus sebagai penyakit kulit yang timbul dengan ruam. Namun, penyakit ini justru memengaruhi banyak organ tubuh termasuk persendian, ginjal, otak, dan jantung.

6. Sjogren’s syndrome

Penyakit autoimun ini bersifatnya kronis, bisa terjadi [dalam] jangka panjang, sistemik seperti lupus,” ujar Alvina Widhani, dokter dari Divisi Alergi Imunologi Klinik Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI, beberapa waktu lalu.

7. Myasthenia Gravis

Myasthenia gravis adalah kondisi kronis yang menyebabkan otot menjadi lemah. Ada beberapa gejala yang di rasakan, seperti otot-otot rahang yang melemah, sehingga lebih sulit untuk mengunyah makanan. Setelah rehat sejenak, otot-otot umumnya akan kembali kuat dan aktivitas mengunyah kembali normal.

8. Penyakit radang usus

Penyakit radang usus adalah istilah yang di gunakan untuk menggambarkan kondisi yang menyebabkan peradangan pada lapisan dinding usus. 

9. Penyakit Celiac

Orang dengan penyakit celiac umumnya tak bisa mengonsumsi makanan yang mengandung gluten yang umumnya di temukan dalam gandum dan produk biji-bijian lainnya.

Sumber: Bermain Poker Berkualitas