Hal yang Terjadi Jika Nuklir Diledakkan

GesitPokerLoungeHal yang Terjadi Jika Nuklir Diledakkan. Senjata nuklir dapat dikatakan sebagai senjata pamungkas terhebat yang dimiliki manusia saat ini. Bayangkan saja, hanya dengan memiliki teknologi persenjataan nuklir yang mutahkir, sebuah negara dapat bertransformasi menjadi kekuatan dunia yang tentunya ditakuti oleh negara-negara lainnya. Akan tetapi, dengan kehebatan senjata nuklir juga turut mengundang sejumlah kontroversi. Ada banyak organisasi di dunia ini yang menolak dengan keras dan meminta untuk menghentikan pengembangan senjata nuklir demi kelangsungan masa depan.

Zona ledakan yang bakal luluh lantak

Hal yang Terjadi Jika Nuklir Diledakkan

Hal pertama yang akan terjadi ketika sebuah bom nuklir dijatuhkan di suatu tempat adalah ledakan yang akan menghancurkan segala sesuatu yang ada di bawahnya. Menurut GesitPoker, zona ledakan utama atau yang dinamai fireball ini memiliki radius 0.56 mil jika besar ledakan mencapai 150 kiloton. Zona ini ditandai dengan adanya nyala api super panas yang akan menghancurkan bangunan, benda, maupun makhluk hidup yang ada di bawahnya. Dapat dipastikan bagi manusia yang berada dalam zona ini tidak akan selamat dari dampak langsung ledakan nuklir ini. Hal yang Terjadi Jika Nuklir Diledakkan.

Zona radiasi yang akan membunuh banyak kehidupan di sekitarnya

Hal yang Terjadi Jika Nuklir Diledakkan

Radiasi yang terlempar ke udara tersebut dapat menimbulkan berbagai dampak. Disebutkan pada laman International Campaign to Abolish Nuclear Weapon (ICANW), radiasi yang dihasilkan oleh ledakan nuklir dapat membunuh atau membuat tubuh manusia yang terpapar menjadi panas. Diperkirakan sekitar 50 persen atau lebih manusia akan mati jika berada di zona ini dalam kurun waktu beberapa hari atau minggu.

Ledakan udara yang akan menyapu bangunan dalam radius yang lebih jauh dari zona ledakan

Hal yang Terjadi Jika Nuklir Diledakkan

Sama halnya dengan ledakan bom biasa, ledakan nuklir juga akan menghasilkan ledakan udara atau shockwave yang akan menyapu apapun yang berada di radiusnya dengan hempasan angin yang sangat cepat. Efek langsung yang dapat dirasakan bagi daerah yang terdampak ledakan udara ini adalah robohnya bangunan, gendang telinga pecah, hingga kerusakan paru-paru. Akan tetapi, efek dari ledakan udara ini hanya akan dirasakan oleh orang-orang yang berada di atas permukaan tanah, sehingga bagi orang yang bersembunyi di dalam ruang bawah tanah tidak akan mengalami.

Thermal radiation, panas ekstrem yang bisa membakar apapun dalam radius yang sangat luas

Mirip dengan efek ledakan, namun dengan dampak yang lebih kecil dan lebih luas jangkauannya. Dampak langsung yang ditimbulkan oleh ledakan nuklir adalah radiasi suhu panas atau thermal radiation. Daerah yang terdampak thermal radiation akan diselimuti oleh cahaya ultraviolet yang akan membakar siapapun dalam radius cahayanya. Lebih lanjut, efek pada kulit adalah luka bakar tingkat tiga yang meluas ke seluruh lapisan kulit yang sering kali tidak menimbulkan rasa sakit karena ia menyerang saraf rasa sakit, namun tetap meninggalkan bekas luka atau cacat yang sangat berbahaya.

Masalah kesehatan manusia dan pencemaran lingkungan dalam jangka waktu panjang

Efek jangka panjang dari ledakan nuklir adalah masalah kesehatan berkepanjangan dan kehancuran lingkungan sekitar. Sebagian besar orang yang terpapar radiasi tidak akan bertahan, sedangkan yang selamat akan terkena berbagai penyakit mematikan seperti kanker. Selain itu, kerusakan genetik juga akan terjadi yang pada akhirnya akan menimbulkan kecacatan bagi yang terpapar langsung maupun keturunannya. Gesitpoker

Sedangkan untuk kerusakan lingkungan, daerah yang terkena radiasi nuklir tidak akan bisa dihuni oleh makhluk hidup dalam jangka waktu puluhan, bahkan ratusan tahun. Perubahan iklim pun dapat terjadi seketika selepas ledakan terjadi.