Fakta Ilmiah tentang Belatung Ternyata Berguna

GesitPokerLoungeFakta Ilmiah tentang Belatung Ternyata Berguna. Belatung atau larva lalat adalah hewan pengurai yang keberadaannya sangat dibutuhkan dalam pembusukan bangkai. Meskipun terlihat menjijikkan, belatung ternyata begitu penting bagi keberlangsungan ekosistem. Tidak bisa dibayangkan jika bangkai organisme yang telah membusuk tidak dapat terurai dengan baik di tanah.

Sistem penciuman belatung sangat baik

Fakta Ilmiah tentang Belatung Ternyata Berguna

Sistem penciuman belatung sangat baik, bahkan bisa mencium bau menyengat dari kejauhan. Melansir laman The Guardian, jika kamu meletakkan seekor belatung di tempat yang jauh dari bangkai, ia akan tetap menuju ke arah bangkai tersebut. Belatung merupakan larva yang tampak sederhana, namun ternyata ia tidak sesederhana yang dibayangkan. Dengan 21 saraf untuk membantu penciuman, itu sudah cukup bagi bayi larva untuk mendeteksi beberapa jenis bau yang menyengat. Hal ini terjadi karena proses evolusi yang terjadi pada jutaan tahun lalu. PokerOnline

Belatung sangat membantu tim forensik dalam mengungkap kasus kriminal

Fakta Ilmiah tentang Belatung Ternyata Berguna

Jangan remehkan belatung. Setidaknya, belatung bisa lebih berguna bagi penyelidikan forensik dibandingkan dengan hewan-hewan lainnya. Belatung yang selalu hinggap di bangkai dan mayat atau jenazah akan sangat berguna untuk membantu tim forensik mengungkap kasus-kasus kriminal yang melibatkan kematian atau pembunuhan. Dalam dunia forensik, bukti atau tanda sekecil apa pun dapat digunakan sebagai sumber data yang mengarah kepada kronologi kejadian, bahkan dapat mengarah pada pelaku kejahatan. PokerOnline

Belatung juga digunakan dalam dunia medis

Fakta Ilmiah tentang Belatung Ternyata Berguna

Tahukah kamu jika pada 2004 silam FDA (Food and Drug Administration), sebagai badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat, telah mengizinkan penggunaan belatung untuk keperluan medis? Ya, belatung berfungsi sebagai pemakan daging yang telah membusuk. Uniknya, ia tidak akan menyentuh daging yang masih segar.

Belatung berfungsi sebagai pengurai bangkai untuk keseimbangan ekosistem

belatung merupakan salah satu hewan pengurai paling masif yang dapat menghabiskan bangkai busuk dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sifat belatung yang hanya suka dengan daging busuk justru memberikan keuntungan bagi alam dan bagi kehidupan organisme lainnya di muka bumi ini. Fakta Ilmiah tentang Belatung Ternyata Berguna

Jangan mengonsumsi makanan basi karena kemungkinan ada larva lalat atau bayi belatung

Meskipun belatung memiliki banyak manfaat, jangan sekali-kali kamu nekat makan makanan yang diduga terdapat belatung. Jika makanan tersebut basi dan tidak layak konsumsi, kamu harus segera membuangnya.

Seperti ditulis dalam laman Medical News Today, belatung yang berasal dari larva lalat dapat membawa dan menularkan salmonela dan E. coli. Kedua bakteri ini sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Gejala jika tubuh terkena salmonela dan E. coli, antara lain mual, muntah, diare, demam, bahkan sampai menyebabkan kematian karena kekurangan cairan tubuh.