Hewan Endemik dari Siprus yang Unik

GesitPokerLoungeHewan Endemik dari Siprus yang Unik. Siprus menjadi salah satu negara pulau yang terdapat di Laut Mediterrania, dengan luas mencapai 9,251 km2. Iklim yang terdapat di pulau ini berupa subtropis dan kering yang menyebabkan tak semua makhluk hidup dapat bertahan hidup di lingkungan seperti ini. Namun, beberapa binatang khas dari pulau ini yang memiliki keunikan tersendiri, yang tidak dapat ditemui di area lainnya.

Cyprus grass snake

Hewan Endemik dari Siprus yang Unik

Cyprus grass snake adalah salah satu binatang reptil asli dari Siprus yang masuk dalam salah satu subspesies grass snake. Reptil bernama latin Natrix natrix cypriaca ini memiliki panjang lebih dari 1 meter, serta ukuran betinanya lebih besar dibandingkan pejantannya. Corak kulit ular ini juga sangat menarik, dengan paduan warna cokelat kekuningan dengan adanya bintik hitam besar pada sekujur tubuhnya. 

Cyprus whip snake

Hewan Endemik dari Siprus yang Unik

Cyprus whip snake menjadi salah satu jenis ular endemik dari Siprus yang masuk dalam keluarga Colubridae. Habitat alami ular ini ada di area padang rumput dan hutan serta lahan basah. Ukuran panjang reptil ini mampu mencapai 3 meter dan termasuk jenis ular terbesar di Siprus atau bahkan Eropa.  PokerOnline

Cyprus wheatear

Hewan Endemik dari Siprus yang Unik

Kemudian ada pula burung Siprus wheatear yang masuk dalam jenis burung flycatcher yang dapat ditemui di Siprus. Burung ini masuk dalam jenis burung migrator, yang menghabiskan masa kawin di Siprus, hingga saat musim dingin berpindah ke Sudan dan Ethiopia.

Cypriot mouse

Berikutnya ada Cypriot mouse yang termasuk mamalia endemik dari Siprus yang area perkebunan dan Pegunungan Trodoos. Mamalia bernama latin Mus cypriacus ini termasuk salah satu fosil hidup dan menjadi satu-satunya tikus endemik dari pulau Siprus. Selain itu memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan tikus biasa, di mana memiliki telinga, mata dan gigi yang lebih besar. Hewan Endemik dari Siprus yang Unik

Cypriot mouflon

Terakhir ada pula Cypriot mouflon yang masuk dalan jenis domba liar asli dari Siprus dan menjadi mamalia terbesar yang ada di Siprus. Domba ini unik karena termasuk salah satu hewan yang mengalami pengerdilan, dengan ukuran tinggi yang mencapai 68 cm saja, dengan berat mencapai 36 kg. Sedangkan habitat utamanya ada pada Hutan Paphos yang dekat dengan Pegunungan Trodoos.