Benua Australia dan 5 Fakta Uniknya

GesitQQ Lounge – Benua Australia adalah benua terkecil di dunia. Meskipun begitu, sebagai negara, Australia berhasil menjadi negara terbesar keenam di dunia.

Berlokasi di bagian paling selatan dari Bumi, Australia terletak di dekat kutub selatan, maka tidak heran jika benua ini mendapat julukan ‘The Land of The Down Under” atau tempat yang terletak jauh di bawah. Sebutan tersebut merujuk pada letak benua Australia di bagian bawah peta dunia.

Menjadi sebuah benua sekaligus negara, Australia memiliki sejumlah fakta unik yang wajib kamu ketahui.

Berikut adalah 5 fakta unik Benua Australia yang berhasil di rangkum oleh tim Kumparan dari berbagai sumber.

1. Benua Australia Bisa Disebut juga Pulau Terbesar di Dunia

Secara teknis, daratan Australia dapat di sebut juga sebagai pulau tersebar di dunia. Luas Australia yakni sekitar 7,6 km persegi. Namun, karena Australia di anggap sebagai sebuah benua, maka gelar tersebut jatuh kepada Pulau Greenland di bawah kekuasaan Denmark.

2. Memiliki Populasi Kanguru yang Melebihi Populasi Penduduknya

Melansir dari laman Daily News tahun 2016, terdapat sekitar 44 juta kanguru di Australia. Populasi tersebut terhitung lebih besar dua kali lipat dari jumlah populasi penduduk di negara ini. Maka tidak heran jika negara sekaligus benua ini mendapatkan julukan Negeri Kanguru ya?

3. Kaya akan Spesies Hewan Paling Mematikan

Australia juga di kenal memiliki beragam spesies hewan paling mematikan dan sangat berbahaya bagi manusia. Mulai dari hiu putih besar yang ganas, taupan pedalaman, hingga gurita cincin biru yang bisa membuat manusia mengalami paralisis dengan gigitannya.

Paralisis ini dapat mengakibatkan kegagalan fungsi jantung dan organ pernapasan pada manusia yang kena gigitan hewan ini loh, seram ya!

4. Memiliki Makhluk Hidup Terbesar di Dunia

Australia memiliki kumpulan terumbu karang yang membentang luas dan dapat di lihat dari luar angkasa yang di beri nama The Great Barrier Reef. Berdasarkan informasi, bentangan karang di Queensland, timur Australia, ini seluas 348.000 km persegi loh. Wow!

5. Mengusung Bahasa Indonesia sebagai Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia ternyata menjadi salah satu mata pelajaran bagi siswa-siswi di Australia loh. Konon, para siswa lokal memiliki minta yang cukup tinggi untuk belajar Bahasa Indonesia.

Bahkan ada satu sekolah menengah di Negara Bagian New South Wales yang mengadakan program BRIDGE (Building Relationships through Intercultural Dialogue and Growing Engagement), dimana program ini memungkinkan para siswa lokal untuk belajar dan berinteraksi dengan siswa asal Indonesia sebagai penutur asli.

Sumber: Bermain Poker Berkualitas