8 Manfaat dan Khasiat Kulit Mentimun Untuk Kesehatan

8 Manfaat dan Khasiat Kulit GESITPOKER  Mentimun atau yang juga sering disebut timun atau ketimun ini merupakan salah satu jenis dari sayur yang sering dijadikan lalapan. Kulit mentimun memiliki warna hijau dengan garis putih samar. Jika sudah terlalu tua, bagian kulit luarnya akan terlihat menguning dan berasa sedikit masam.

Tapi jangan dulu membuang kulit mentimun jika tidak suka memakan mentimun bersama dengan kulitnya, karena kulit mentimun memiliki banyak sekali khasiat yang perlu anda ketahui.

1. Membantu melancarkan usus dan saluran pencernaan

8 Manfaat dan Khasiat Kulit Pada kulit mentimun terkandung serat yang berjenis tidak larut, serat tidak larut adalah jenis serat yang tidak akan larut di dalam air sehingga akan melalui saluran pencernaan dengan utuh.

2. Mencegah pendarahan

Kandungan vitamin k dalam kulit mentimun dapat membuat darah dalam tubuh manusia menjadi tidak terlalu encer dan dapat mencegah terjadinya pendarahan.

3. Membantu memperkuat tulang

Selain untuk mencegah pendarahan ternyata vitamin k yang terkandung di dalam kulit mentimun juga dapat berperan dalam memperkuat tulang, karena vitamin k dapat memicu produksi protein-protein tertentu yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

4. Membantu menjaga kesehatan mata

Mata yang sehat adalah impian semua orang, maka kita harus rajin menjaganya agar terhindar dari penyakit mata. Salah satu cara menjaga agar mata tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi mentimun dengan kulitnya. Di dalam kulit mentimun terkandung beta karoten yang tinggi, biasanya beta karoten ini banyak terdapat pada buah atau sayur yang berwarna pekat dan terang. Daging mentimun memiliki warna yang pucat sehingga tidak banyak mengandung beta karoten, sehingga sumber terbesarnya terdapat pada kulit mentimun. Zat beta karoten bagus dalam membantu menjaga kesehatan mata.

5. Membantu sistem kekebalan tubuh

Selain berfungsi untuk kesehatan mata ternyata kandungan beta karoten dalam kulit mentimun juga dibutuhkan pada sistem kekebalan tubuh. Kandungan di dalamnya sangat berguna untuk membantu melawan virus, kuman, maupaun bakteri yang

6. Membantu melawan radikal bebas

8 Manfaat dan Khasiat Kulit Beta karoten yang juga merupakan salah satu jenis vitamin A ini juga dapat digunakan untuk membantu melawan radikal bebas. Beta karoten akan berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh, hal tersebut dapat membantu dalam melawan radikal bebas dan kerusakan kontrol.

7. Rendah kalori

Untuk yang gemar mengkonsumsi mentimun, Anda tak perlu khawatir mnegkonsumsinya dalam jumlah banyak. Meski memiliki banyak sekali nutrisi ternyata kulit dan daging mentimun ini hanya memiliki kandungan kalori yang rendah, sekitar 1-2 kalori saja di setiap irisannya. Kandungan airnya yang banyak juga membuat anda lebih kenyang tapi dengan kalori yang sedikit.

8. Membantu melawan bakteri dan merangsang sel darah putih

Di dalam kulit mentimun terdapat asam kafeik. Senyawa asam ini dapat melawan bakteri dan merangsang sel darah putih sehingga tubuh anda akan lebih sehat.

Pilihlah mentimun yang memiliki warna hijau rumput hingga hijau gelap, karena mentimun dengan warna tersebut cenderung sehat. Jangan memilih mentimun dengan warna kuning atau terlalu terang warnanya.

Untuk anda penggemar buah- buahan yang masih membuang kulit buah Anda perlu simak khasiat kulit buah lain, karena bukan hanya buah mentimun saja yang berkhasiat tapi masih banyak jenis buah lain yang kulitnya memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga : Manfaat Membaca Koran Pada Anak Remaja





GESITPOKER Situs Game Online Terpercaya Dan Terbesar di Asia