8 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Alami, Lebih Aman

8 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Alami, Lebih Aman

GESIT POKER LOUNGE – Namun, ini bukan berarti kamu bisa mengonsumsi sembarang makanan. Hal ini mengingat banyak orang yang salah kaprah dengan mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food.8 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Alami, Lebih Aman

Walaupun memang bisa menambah berat badan, tetapi junk food malah bisa menyebabkan penyakit terjadi pada tubuh kamu. Untuk itulah, wajib hukumnya untuk mengonsumsi makanan yang menyehatkan dalam rangka menambah berat badan kamu.

Untum menambah berat badan, kamu perlu perencanaan yang matang dan menghitung terlebih dahulu Indeks Massa Tubuh.

Hal ini untuk mengenali apakah benar kamu kekurangan berat badan atau tidak. Berikut Betgesit.org rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/3/2021) tentang cara menambah berat badan.

Memperbanyak Asupan Tinggi Kalori

Cara menambah berat badan yang paling penting adalah memperbanyak asupan tinggi kalori.

Misalnya saja dalam melakukan aktivitas sehari-hari kamu membutuhkan 2.000 kalori. Kamu bisa menambahkan ekstra 300–500 kalori di setiap porsi kamu makan. Jika memungkinkan, kamu bisa menambahkan dua kali lipat kalori setiap harinya.

Cara Menambah Berat Badan

Makan Porsi Kecil Tapi Sering

Cara menaikkan berat badan berikutnya, kamu bisa mencoba makan dengan intensitas yang lebih sering, misalnya 5-6 kali dalam satu hari namun dengan porsi yang lebih kecil.

Mencukupi Asupan Karbohidrat dan Lemak

Namun, jangan sembarangan dalam memilih makanan karbohidrat dan lemak.

Pastikan untuk tetap memilih makanan yang tinggi lemak baik agar kadar kolesterol kamu tidak meningkat. Seimbangkan juga dengan asupan protein agar masa otot bertambah.

Cara Menambah Berat Badan

Kenali Waktu Terbaik untuk Minum

Apabila terlalu banyak minum ketika sedang makan, maka berisiko mengurangi nafsu makan dan cenderung membuat kamu lebih cepat merasa kenyang. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu dapat mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk minum.

Sebab, mengonsumsi minuman tersebut setelah makan akan meningkatkan asupan kalori secara drastis. Tapi jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan akan air mineral setiap hari.

Hal ini tak terlepas dari kandungan gizi yang baik dari smoothies atau milkshake.

Agar jumlah kalori pada smoothies atau milkshake lebih tinggi lagi, kamu bisa menggunakan susu atau campuran buah sebagai bahan dasar pembuatannya. Ada beberapa jenis buah, seperti mangga dan alpukat yang bisa menjadi pilihan karena memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi.

Manambah Asupan Protein

Pembentukan otot berasal dari protein. Jadi, kalau tubuh kamu kekurangan protein, ekstra kalori yang sudah kamu konsumsi tadi akan menjadi lemak di tubuh. Sehingga saat berat badan kamu meningkat, justru tubuh kamu akan terdiri dari massa otot bukan lemak yang berlebihan.

Jika kamu sedang memiliki program menaikkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi 1,5–2,2 gram protein per kg/BB. Apabila asupan kalori kamu sudah cukup tinggi, maka perbanyak asupan proteinnya juga. Kamu bisa mendapatkan makanan dengan tinggi protein seperti daging merah, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Cara Menambah Berat Badan

Konsumsi Camilan yang Berkualitas

Cara menambah berat badan secara alami yang sehat dan aman selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih camilan yang sehat dan tinggi kalori. Kamu dapat mengonsumsi camilan di sela-sela waktu makan dan sebelum tidur.

Camilan sehat yang bisa kamu pilih seperti buah-buahan, roti lapis, roti tawar, susu, kacang-kacangan, dan keju. Hindari untuk memilih camilan tinggi lemak tetapi kurang kualitas zat gizi seperti keripik kentang, permen, cokelat, dan sejenisnya.

Rutin Berolahraga

Manfaat olahraga sebagai cara menambah berat badan adalah bisa meningkatkan massa otot. Sehingga berat badan dapat naik dengan sehat dan alami.

Sedangkan kalau kamu tidak melakukan olahraga, maka ekstra kalori yang sudah kamu konsumsi akan menjadi lemak. Kamu bisa melakukan olahraga angkat beban 2–4 kali dalam seminggu.

Olahraga kardio bisa kamu pilih, namun jangan melakukannya secara berlebihan. Sebaiknya, sebelum melakukan latihan beban, kamu bisa berkonsultasi ke dokter juga.

Cara Menambah Berat Badan

Istirahat dengan Cukup

Cara menambah berat badan juga perlu memperhatikan istirahat. Kurangnya waktu dan kualitas tidur berpotensi membuat metabolisme tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Tidur dan bangun tepat waktu dapat membantu menjaga berat badan.

Baca juga : 18 Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Ampuh dan Aman

GESIT POKER SITUS KARTU ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA