7 Manfaat Paprika untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Kecantikan Kulit!

placeholder

7 Manfaat Paprika untuk Kesehatan GESITPOKER Tanaman dengan nama latin Capsicum annuum ini adalah buah yang termasuk dalam keluarga nightshade. Paprika masih berkerabat dengan cabai, tomat, dan sukun, yang semuanya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Sayuran ini rendah kalori dan sangat kaya vitamin C dan antioksidan lainnya, sehingga menjadikannya sangat baik untuk melengkapi diet sehat.

Paprika tersedia dalam berbagai warna, seperti merah, kuning, oranye, dan hijau. Untuk paprika hijau yang masih mentah, biasanya mereka memiliki rasa yang sedikit pahit dan tidak semanis yang sudah matang.

1. Menjaga Kesehatan Mata

7 Manfaat Paprika untuk Kesehatan Jenis gangguan penglihatan yang paling umum adalah degenerasi makula dan katarak, yang mana penyebab utamanya adalah penuaan dan infeksi. Namun, nutrisi juga memainkan peran penting dalam mengembangkan penyakit ini.

2. Mencegah Anemia

Salah satu penyebab paling umum dari anemia adalah kekurangan zat besi, dan gejala utamanya adalah kelemahan dan kelelahan.

Mengutip The American Journal of Clinical Nutrition, paprika merah tidak hanya sebagai sumber zat besi yang baik, paprika merah juga sangat kaya vitamin C, yang meningkatkan penyerapan zat besi dari usus.

Faktanya, satu paprika merah berukuran sedang mungkin mengandung 169 persen rekomendasi harian untuk vitamin C Penyerapan zat besi meningkat secara signifikan saat kamu mengonsumsi buah atau sayuran yang tinggi vitamin C.

Untuk alasan ini, makan paprika mentah bersama makanan kaya zat besi seperti daging atau bayam dapat membantu meningkatkan simpanan zat besi dalam tubuh. Pada akhirnya mereka akan mengurangi risiko anemia.

3. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Paprika merah juga merupakan pilihan sehat yang dapat menjadi bagian dari makanan harian karena ia mengandung fitonutrien yang memiliki antioksidan kuat di dalamnya.

Antioksidan ini melawan racun lingkungan dan degradasi sel. Mereka melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang menyebabkan perkembangan kanker.

Dengan demikian, paprika juga akan mampu membantu mencegah berbagai jenis kanker di perut, usus besar, payudara, prostat, bahkan paru-paru.

4. Mengatasi Kecemasan

7 Manfaat Paprika untuk Kesehatan Faktanya kecemasan tidak hanya terjadi akibat stres saja ya Moms. Kondisi ini juga umum terjadi sebagai gejala pra menstruasi.

Untungnya paprika bisa mengatasi masalah ini. Kombinasi vitamin B6 dan magnesium pada paprika merah membantu menurunkan kecemasan.

Manfaat paprika merah lainnya adalah sebagai diuretik alami, karena kandungan vitamin B6 sangat bagus untuk mengurangi kembung dan mencegah hipertensi.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat paprika merah selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan.

Satu cangkir paprika merah yang diiris hanya menyediakan 31 kalori dan tidak mengandung lemak atau kolesterol.

Selain itu, Moms juga dapat membakar lebih banyak kalori dengan mengonsumsi paprika merah karena dapat mengaktifkan thermogenesis dan meningkatkan laju metabolisme.

Paprika merah tidak mengandung capsaicin yang memberikan panas ketimbang jenis paprika lainnya.

Akibatnya, mereka memiliki aksi termogenik ringan yang meningkatkan metabolisme tanpa meningkatkan detak jantung atau tekanan darah seperti varietas paprika lainnya.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Paprika merah mengandung vitamin C dua kali lebih banyak daripada varietas lain yang membuatnya sangat bermanfaat untuk kulit. Beberapa manfaatnya untuk kulit adalah sebagai berikut:

Vitamin C yang terkandung dalam paprika merah membantu membentuk kolagen. Yakni serat struktural yang dibutuhkan untuk menyatukan semuanya.

Kolagen dibutuhkan oleh kulit Moms agar tetap sehat. Dan bahkan kekurangan. Vitamin C kecil pun dapat menyebabkan masalah kulit.

Paprika merah adalah sumber tiga karotenoid yang melawan kanker: lutein, beta-cryptoxanthin, dan zeaxanthin.

Selain sangat baik untuk kulit, karotenoid ini membantu mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh artritis karena kandungan silikonnya yang tinggi.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Selain bermanfaat untuk kulit, manfaat paprika merah selanjutnya adalah untuk kesehatan rambut. Paprika merah bermanfaat bagi rambut Anda dengan cara berikut ini:

Seperti disebutkan sebelumnya paprika merah adalah. Sumber vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen.

Folikel rambut membutuhkan kolagen agar tetap sehat dan untuk pertumbuhan optimal.

Ingat Moms, kekurangan vitamin C bisa menyebabkan rambut kering, pecah-pecah, dan rapuh.

Paprika merah bisa sangat bermanfaat dalam mencegah rambut rontok karena meningkatkan aliran darah untuk merangsang pertumbuhan rambut dan melindungi folikel rambut.

Kepedasan paprika merah dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut hingga lebih dari 50 persen.

Moms bisa coba rebus beberapa potong paprika merah dalam air selama 10 menit dan dinginkan selama 15 menit.

Kemudian oleskan pada kulit kepala selama 30 menit dan bilas. Melakukan hal ini secara teratur akan merangsang pertumbuhan rambut.

Baca Juga : Manfaat Membaca Koran Pada Anak Remaja






GESITPOKER Situs Game Online Terpercaya Dan Terbesar di Asia