6 Manfaat Buah Ciplukan dan Cara Mengolahnya

Kenali 6 Manfaat Buah Ciplukan dan Cara Mengolahnya

GESITQQ_LOUNGE – 6 Manfaat Buah ciplukan merupakan buah kecil yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat buah ciplukan yaitu mengurangi peradangan, meningkatkan imunitas tubuh, hingga menjaga kesehatan tulang Buah ciplukan atau golden berries adalah buah berwarna oranye kekuningan yang memiliki kulit tipis mirip kelopak. Buah ini berukuran lebih kecil dari tomat ceri, memiliki rasa manis, dan rasanya agak mirip nanas dan mangga.

6 Manfaat Buah Ciplukan dan Cara Mengolahnya

Buah kecil ini di percaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak heran jika buah ini sering di jadikan bahan masakan di berbagai negara. Lantas, apa saja manfaat buah ciplukan untuk kesehatan?

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh

Buah ciplukan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman herbal ini mengandung banyak karotenoid, yang merupakan antioksidan yang membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel tubuh. Antioksidan ini juga dapat membantu memperkuat sistem kardiovaskular.

Berikut ini beberapa manfaat buah ciplukan yang sayang untuk di lewatkan:

Mengurangi peradangan

Manfaat buah ciplukan yang pertama adalah mengurangi peradangan. Hal ini karena buah ciplukan mengandung steroid alami yang di sebut withanolides. Steroid tersebut dapat membantu menenangkan peradangan pada radang sendi kronis, penyakit autoimun, dan beberapa penyakit neurodegeneratif.

Membantu menurunkan kadar kolesterol

Buah ciplukan juga mengandung fitosterol, sejenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol dalam darah, terutama kolesterol “jahat” (LDL). Buah ciplukan juga mengandung asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat, yang dapat membantu menurunkan kolesterol secara keseluruhan.

Meningkatkan imunitas tubuh

Sebuah studi pada sel manusia menemukan bahwa buah ciplukan dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh manusia. Sebab, buah tersebut mengandung banyak polifenol yang dapat menghalangi pelepasan penanda kekebalan inflamasi tertentu.

BACA JUGA : Efek Kecanduan Pornografi pada Disfungsi Ereksi

Selain itu, buah ciplukan merupakan sumber vitamin C yang baik. Sebanyak 140 gram buah mengandung 15,4 miligram vitamin atau setara dengan 21 persen kebutuhan harian wanita, serta 17 persen kebutuhan harian pria.

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah ciplukan berikutnya yaitu baik untuk kesehatan tulang. Buah ini mengandung banyak vitamin K, vitamin yang larut dalam lemak yang terlibat dalam metabolisme tulang. Vitamin ini merupakan komponen penting dari tulang dan tulang rawan, serta terlibat dalam tingkat pergantian tulang yang sehat, yaitu bagaimana tulang di pecah dan di perbarui.

Meningkatkan kemampuan penglihatan

Buah ciplukan mengandung lutein dan beta karoten, serta beberapa karotenoid lainnya. Mengonsumsi kandungan tersebut dari buah dan sayuran di kaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan. Lutein karotenoid memang di kenal dapat mencegah penyakit mata.

Mengelola diabetes

Manfaat buah ciplukan yang terakhir yaitu membantu mengelola diabetes. Buah ciplukan mengandung senyawa yang dapat memperlambat asupan gula sederhana dari karbohidrat. Hal tersebut dapat mencegah aliran gula yang tidak di inginkan dalam aliran darah.

Mengatur kadar gula darah dan menghindari lonjakannya adalah kunci untuk menghindari hiperglikemia, kondisi kesehatan yang berpotensi berbahaya terkait diabetes.

Cara Mengolah Buah Ciplukan untuk Dikonsumsi

Buah ini dapat di nikmati secara langsung atau di keringkan setelah kulitnya di kupas. Selain itu, berikut beberapa cara mengonsumsi buah ciplukan:

  • Memakannya mentah atau langsung sebagai camilan.
  • Menjadikannya sebagai campuran salad buah.
  • Menaburkannya di atas salad sayur.
  • Dijadikan minuman smoothie.
  • Mencelupkannya ke dalam saus coklat sebagai pencuci mulut.
  • Mengolahnya menjadi saus untuk di nikmati bersama daging atau ikan.
  • Mengolahnya menjadi selai.
  • Sebagai topping yoghurt dan granola.

SUMBER BERITA : GESITQQ