5 Fakta Unik Seputar Terumbu Karang

GesitQQ Lounge – Terumbu karang merupakan salah satu keanekaragaman hayati yang dengan mudah di temukan di laut. Keberadaan terumbuu karang tidak hanya menyajikan keindahan laut yang eksotis, tetapi juga sebagai sumber kehidupan dari sebagian ikan yang hidup di laut.

terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis (hidup saling menguntungkan) dengan zooxanthellae, organisme mirip tumbuhan. Terumbuu karang termasuk dalam jenis filum Cnidaria kelas Anthozoa yang memiliki tentakel.

Hewan ini memiliki peran sangat penting dalam menjaga ekosistem laut. Sebab, di sanalah tempat tinggal banyak makhluk hidup seperti ikan dan hewan laut lainnya.

Terumbu karang juga mempunyai peran layaknya hutan bakau, yaitu melindungi daratan dari terjangan ombak dan angin, atau disebut dengan fenomena abrasi. Di karenakan terumbuu karang dapat memperkecil energi ombak yang datang dari arah lautan sehinga tidak merusak pantai.

5 Fakta Unik Terumbu Karang

Berikut fakta unik seputar terumbu karang yang keberadaannya mudah di temukan di lautan Indonesia.

1. Menyerap Karbon Lebih Baik daripada Pohon

Terumbu karang merupakan biota laut yang memiliki kemampuan menyerap karbon dioksida. Bahkan, organisme ini di klaim mampu menyerap karbon tiga kali lebih baik di bandingkan dengan pepohonan.

Terumbu karang memiliki kemampuan untuk berfotosintesis karena memiliki zat klorofil. Terumbuu karang sendiri terdiri dari unsur binatang karang bernama Polip yang melakukan simbiosis mutualisme dengan tumbuhan alga, yakni ganggang hijau.

2. Hasilkan 12,5 Juta Ton Ikan Per Tahun

Seperti yang di ketahui, terumbu karang merupakan tempat hidup, berlindung, dan sumber makanan bagi kelompok ikan. Jika ekosistemnya mampu terjaga dengan baik, maka Indonesia bisa menghasilkan sekitar 12,5 juta ton ikan setiap tahunnya dari ekosistem pesisir laut ini.

3. Dijuluki Amazon of the Ocean

Julukan Amazon di sematkan bagi terumbu karang yang ada di Indonesia karena jenisnya yang sangat beragam. Pemerintah sendiri melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengklaim bahwa 69 persen varietas seluruh terumbuu karang yang ada di dunia terdapat di Indonesia. Dari sinilah ekosistem terumbuu karang di Indonesia mendapat julukan Amazon of the Ocean.

4. Luasnya Mencapai 25.000 Kilometer Persegi

Terumbu karang merupakan penghuni besar wilayah lautan. Biota yang di anggap sebagai “pohonnya laut” ini di perkirakan terhampar luas hingga 25.000 kilometer persegi.

Melansir situs Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), kondisi terumbu karang di Indonesia sekitar 37 perseb di antaranya berkategori baik, dan 29,9 persen dalam keadaan sangat baik. Sisanya, di perlukan upaya penanganan dan perlindungan yang cukup serius agar kembali tumbuh dengan baik.

5. Ditargetkan Terus Meningkat

Mengutip siaran Kementerian Kelautan dan Perikanan, pada 2019 luasan kawasan konservasi terumbuu karang mencapai 23,34 juta hektar, atau setara dengan 7,18 persen dari keseluruhan perairan di Indonesia.

Di targetkan, pada tahun 2030 kelak luas kawasan konservasi terumbuu karang dapat mencapai 32,5 juta hektar atau setara dengan 10 persen total perairan laut di negara ini.

Sumber: Bermain Poker Berkualitas