5 Makanan Khas Betawi Lezat yang Wajib Kamu Coba

yang Wajib Kamu Coba

www.beritagesit.comKebudayaan Betawi memang menarik. Nggak cuma dari segi seni dan budaya, kuliner

Betawi juga sangat terkenal akan kelezatan cita rasanya. Nggak percaya?

Simak berbagai makanan khas betawi berikut yang wajib kamu santap saat berkunjung atau berlibur di Jakarta.

Makanan Khas Betawi Lezat Wajib Coba

1. Kerak Telor

kuliner betawi makanan khas betawi

Kerak telor memiliki rasa gurih dan legit ini memang favorit warga Jakarta. Hidangan khas Betawi ini di buat dari bahan-bahan makanan seperti, beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang di sangrai kering

sampai menjadi serundeng, lalu di tambah bawang goreng, kemudian di beri bumbu halus seperti kelapa sangrai dan lainnya.

Hal unik dari kuliner khas betawi ini adalah cara memasaknya. Telur di masak ketika setengah matang akan

di balik wajannya menghadap panas arang dari anglo lalu di biarkan seperti itu sampai matang sehingga menjadi kerak.

2. Nasi Uduk Betawi

kuliner betawi makanan khas betawi

Nasi Uduk adalah kuliner khas Betawi lainnya. Proses memasak beras untuk nasi uduk adalah dengandiaron dengan menggunakan air santan,

daun salam, daun jeruk, laos, dan serai lalu di kukus sampai matang. Rasanya gurih dan memiliki aromanya tersendiri.

Nasi uduk Betawi biasanya di sajikan dengan taburan bawang goreng, dengan lauk seperti ayam goreng, sambal dan pelengkap lainnya beserta daun kemangi.

3. Gado-gado Betawi

kuliner betawi makanan khas betawi

Makanan tradisional betawi selanjutnya adalah gado-gado betawi. Gado-gado sendiri berarti campur aduk dalam bahasa Betawi adalah favorit masyarakat Betawi.

Berbagai jenis sayur yang di rebus bersama kentang, tahu, tempe dan telur yang di siram dengan bumbu kacang dan taburan kerupuk menjadikan hidangan ini di gemari banyak orang.

Kuliner khas betawi ini sangat nikmat di santap dengan nasi atau di sajikan bersama lontong.

4. Semur Jengkol

kuliner betawi makanan khas betawi

Semur jengkol hidangan khas Betawi ini terkenal dengan bau nya. Untuk beberapa orang, bau jengkol dapat membuatnya tidak suka, tetapi untuk penggemar jengkol, hidangan ini sangatlah di gemari.

Masakan ini di masak dengan jengkol yang memiliki rasa pahit, namun setelah di masak menggunakan berbagai bumbu dan rempah, jengkol menjadi lezat untuk di santap.

Semur jengkol biasanya di sajikan dengan nasi putih atau nasi uduk hangat. Jangan lupa mencoba hidangan khas Betawi satu ini ya, kalau berkunjug ke Jakarta!

5. Soto Betawi

kuliner betawi makanan khas betawi

Soto betawi merupakan kuliner khas Betawi dari soto santan dengan isian daging sapi beserta jeroan dan organ sapi dan hewan lainnya seperti ayam. Banyak orang menggemari jenis soto khas Betawi ini.

Penggemarnya tidak hanya orang di Jakarta, masyarakat lain di berbagai daerah di Indonesia juga gemar menyantap masakan khas Betawi ini.

Soto Betawi memiliki rasa gurih yang berbeda dengan soto lainnya.