TipsSelamatkan DiriDari Pengambilan KeputusanImpulsif

TipsSelamatkan DiriDari Pengambilan KeputusanImpulsif

BERITA GESIT TipsSelamatkan DiriDari Pengambilan KeputusanImpulsif. Apakah kamu pernah mendengar atau mengetahui arti dari impulsif? Yap, impulsif berarti sifat yang selalu cepat bertindak hanya karena mengikuti kata hati saja. Dalam arti, hal-hal lainnya kurang di pikirkan untuk jangka panjang dan gak juga di pertimbangkan secara matang konsekuensinya.

Mengambil keputusan yang impulsif tentu sangat membahayakan bagi diri sendiri dan orang lain. Hal itu karena keputusan yang di ambil secara tiba-tiba, tanpa berpikir tentang segala risikonya, sehingga pasti akan mengakibatkan sesuatu yang kurang di harapkan.

Akan tetapi, masih ada saja beberapa orang yang selalu terburu-buru saat sedang mengambil keputusan. Untuk itu, belajarlah mengendalikan diri lagi dan selalu memikirkan berbagai hal secara matang terlebih dulu.

Bagi kamu yang merasa seperti itu, berikut ada beberapa tips efektif untuk menyelamatkan diri dari pengambilan keputusan yang impulsif. Cobalah terapkan.

Hilangkan keraguan dalam diri

Seseorang yang selalu merasa ragu dengan kemampuan di rinya, maka ketika dia di hadapkan pada sebuah pilihan, biasanya untuk memutuskan satu pilihan akan cenderung impulsif. Memang bisa di mengerti bahwa mengambil keputusan adalah hal yang cukup sulit.

Namun, jika selalu merasa penuh keraguan, maka kamu akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengambil keputusan dan dalam prosesnya pun akan di liputi rasa dilema. Hingga akhirnya, kamu menjadi terburu-buru ketika waktu sudah mengharuskanmu untuk memilih salah satu.

Belajarlah untuk menghilangkan keraguan diri. Kamu bisa melatihnya dengan cara lebih percaya diri lagi dalam berbagai hal, termasuk saat mengambil keputusan. Jika memang sudah yakin dan mempertimbangkan banyak hal, tentukanlah satu pilihan secara tegas.

Berhenti memikirkan pendapat orang lain

Bukan berarti mengabaikan pendapat dari orang lain, tapi belajarlah untuk menyikapinya secara lebih bijaksana. Orang yang selalu impulsif dalam mengambil keputusan, salah satu penyebabnya adalah karena terlalu memikirkan pendapat dari orang lain saja.

Ini tentu akan mengakibatkanmu menjadi selalu mengikuti masukan dari orang lain dan cenderung mengabaikan pendapat pribadimu. Mendengarkan pendapat orang lain itu baik, tapi agar kamu gak membuat keputusan yang impulsif, pertimbangkan juga pendapatmu.

Berusaha untuk gak menyesali apa yang telah kamu putuskan

Salah satu akibat dari sifat impulsif yaitu menyesali keputusan yang telah diambil. Maka dari itu, jangan pernah terburu-buru dalam membuat keputusan supaya rasa penyesalan gak akan kamu rasakan. GESIT QQ

Namun, jika itu semua sudah terjadi, berusahalah untuk melatih diri agar gak terus-menerus menyesali sesuatu yang sudah menjadi keputusanmu. Ketika sudah membuat keputusan, maka yakinlah terhadap hal tersebut. Jangan malah kamu terus-menerus memikirkan sesuatu yang sudah berlalu.

Inilah pentingnya pertimbangan matang dan berpikir panjang supaya penyesalan gak akan di rasakan setelah proses pengambilan keputusan.

Mencoba untuk selalu tenang dalam berpikir

Tenangkan pikiran saat mengambil sebuah keputusan. Dengan ketenangan, kamu dapat terhindar dari perilaku impulsif saat membuat keputusan yang pastinya juga bisa merugikanmu sendiri. Beri jeda waktu untuk mengistirahatkan pikiran, tenangkan, dan jernihkan dulu, ya.

Seseorang yang mengambil keputusan secara impulsif biasanya karena dirinya gak bisa menemukan ketenangan dalam dirinya. Membuat keputusan dengan cepat memang baik, tapi jangan pernah melupakan ketepatannya juga, ya. Untuk menghindari mengambil keputusan yang impulsif, pastikanlah kondisi pikiranmu dalam keadaan tenang.

Berlatih untuk menahan diri

Ketika di hadapkan pada sebuah pilihan dan kamu merasa kebingungan, supaya kamu gak mengambil keputusan secara impulsif, berlatihlah untuk menahan diri. Belajarlah mengendalikan hatimu agar keputusan yang di ambil dapat selaras dengan logikamu.

Hindari memutuskan sesuatu hanya berdasarkan hati saja. Peran logika juga menjadi penting dalam proses mengambil keputusan. Dengan menahan diri untuk gak terburu-buru, maka kamu dapat mendengar kata hati, lalu menyelaraskannya dengan logika terhadap hal-hal yang sudah di pertimbangkan secara matang dari berbagai sudut pandang. TipsSelamatkan DiriDari Pengambilan KeputusanImpulsif.

BACA JUGA : Tips Menarik Mengenai Menjaga Kesehatan Mental