TipsSebelum Memulai Berjualan Takjil

TipsSebelum Memulai Berjualan Takjil

BERITA GESIT TipsSebelum Memulai Berjualan Takjil. Bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh keberkahan bagi umat muslim. Di momen-momen ini pulalah, berbagai menu takjil bermunculan sehingga menjadi ciri khas di tiap tahunnya.

Di sepanjang jalanan, akan sangat mudah di jumpai penjual takjil. Jika kamu memiliki niat untuk berjualan takjil, maka ini adalah momentum yang sangat tepat, lho. Namun, gak boleh langsung menjual tanpa memperhatikan 5 hal berikut ini. So, keep scrolling, ya!

Tentukan menu takjil yang akan dijual

Saat menjelang azan Magrib, berbagai menu takjil berjejer dengan indah di pinggir jalan. Apalagi makanan yang bercita rasa manis seperti pisang ijo, kolak, es buah dan kue-kue kering lainnya.

Nah sebelum berjualan, maka tentukan terlebih dahulu menu takjil yang akan kamu dagangkan. Biasanya setiap daerah memiliki takjil keunggulan masing-masing. Misalnya di daerah Makassar yang identik dengan jalangkote dan es pisang ijo, maka sudah sepantasnya kamu mengikuti selera orang sana.

Sedikit tips, sebagai pemula, cukup tawarkan 2-3 hidangan terlebih dahulu dengan jumlah porsi yang tak begitu banyak. Hal ini berguna untukmu mencari rating sekaligus mengetahui hidangan mana paling banyak di minati. Tentu dengan begini kamu bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian, kan?

Tentukan tempat berjualan

Tempat berjualan menjadi salah satu elemen utama yang harus di perhatikan dengan baik. Sebab, jangan sampai kamu berjualan di tempat yang justru sepi orangnya. Kamu gak mau rugi saat berjualan, kan?

Nah oleh karenanya sebelum memulai berjualan, lakukan survey kecil-kecilan dengan mengeliling tempat yang menurutmu strategis dan di lewati oleh banyak orang. Biasanya, jalanan depan komplek menjadi incaran, lho. GESIT QQ

Pasang harga yang bersaing

Persoalan harga juga tak boleh kamu anggap remeh. Penentuan harga yang bersaing dengan kompetitor lainnya bertujuan agar barangmu tak terlihat terlalu mahal atau bahkan terlalu murah.

Jika ingin menentukan harga yang pas, hitung terlebih dahulu keseluruhan modal yang kamu keluarkan untuk memproduksi menu takjil. Setelah mendapatkan hasil total, maka bagi dengan berapa porsi takjil yang akan kamu jual kemudian naikkan harganya.

Usahakan keuntungan yang kamu dapatkan memberikanmu insentif yang seimbang, ya.

Perhatikan cita rasa

Soal cita rasa tentu menjadi penentu orang-orang akan berlangganan denganmu apa tidak. Saat membuat takjil, usahakan pakai bahan premium dengan brand yang kamu percaya. Jangan tergiur dengan bahan murah yang tak jelas diproduksi dari mana, ya.

Selain itu, tentukan takaran bahan yang benar-benar sesuai dengan resep. Jangan sampai ada yang lebih bahkan kurang karena hal ini akan sangat memengaruhi citarasa dari makanan yang kamu buat.

Tak hanya cita rasa, kemasan jualan juga harus diperhatikan dengan baik. Tampilkan menu takjilmu yang unggul dan beda dari yang lain!

Pikirkan untuk memberi promo

Saat baru ingin membuka dagangan takjil, memikirkan memberi promo adalah ide yang cemerlang. Jadikan promo ini sebagai wadahmu dalam menggaet pembeli baru.

Promo yang kamu terapkan sebenarnya bisa bermacam-macam. Misalnya seperti buy 3 get 1, atau potongan harga 10% saat hari pertama berjualan. Tentu dengan promo tersebut orang-orang akan lebih tertarik mengunjungi tokomu. TipsSebelum Memulai Berjualan Takjil.

BACA JUGA : Fakta Menarik Mengenai Tulang Manusia