TipsMenari Mengenai Menabung TanpaBeban

TipsMenari Mengenai Menabung TanpaBeban

BERITA GESIT TipsMenari Mengenai Menabung TanpaBeban. Kamu pastinya juga sudah tahu tentang pentingnya menabung sebagian dari penghasilanmu. Ini menghindarkanmu dari menghabiskan seluruh uangmu. Namun, semua orang pun merasakan betapa menabung dapat menjadi tantangan yang berat.

Saat kamu baru bekerja, kecilnya penghasilan menjadi alasan untukmu tak bisa menabung. Akan tetapi setelah penghasilanmu berlipat-lipat, urusan menabung juga tidak otomatis menjadi lebih mudah.

Oleh sebab itu, kamu perlu mencoba berbagai cara menabung yang sesuai. Satu cara gak efektif buatmu, coba yang lain. Lima tips berikut ini juga bisa kamu coba, lho. Semoga membantu!

Hindari baru mulai menabung setelah membutuhkan atau menginginkan sesuatu

Sesuatu yang di sebut kebutuhan pasti cukup mendesak untuk dipenuhi. Bila masih dapat di tunda-tunda, itu artinya sebatas keinginan. Tak heran kalau mendadak menabung karena kamu membutuhkan sesuatu bikin dirimu sulit bersabar.

Kamu ingin uangnya lekas terkumpul sebanyak yang di perlukan guna mencukupi kebutuhan tersebut. Baru sebentar menabung, kamu mungkin memilih mengambil semuanya dan mencari kekurangan uangnya dengan berutang.

Demikian pula dengan keinginan. Walau keinginan gak urgen layaknya kebutuhan, godaan buat segera mencapainya justru sering kali lebih besar. Hal serupa pun bakal terjadi. Alih-alih menunggu tabunganmu cukup, kamu memilih mengambil kredit ini itu.

Cegah ini terjadi dengan membiasakan menabung dengan atau tanpa kamu memiliki kebutuhan yang harus segera di penuhi maupun sekadar keinginan. Jika uangnya sudah terkumpul, akan di gunakan untuk apa saja bisa.

Menabung uang receh saja biar gak merasa sayang

Menabung uang pecahan besar memang hasilnya lebih banyak. Dengan catatan, kamu gak merasa sayang saat hendak menyisihkan dari dompetmu atau justru tergoda membuka celenganmu di tanggal tua.

Bila kamu tipe yang gak tahan dengan ujian seperti ini, menabung uang receh malah lebih tepat untuk kamu. Uang receh yang setiap hari berkurang dari dompetmu tidak bakal kamu cari-cari. Daripada uang receh itu cuma memenuhi dompet, kan?

Lagi pula, bukankah terkadang kamu malu bertransaksi tunai menggunakan uang receh? “Sembunyikan” saja dulu uang recehmu dalam celengan sampai memenuhinya. Jika celengan penuh, tukarkan isinya ke orang-orang yang membutuhkannya buat uang kembalian. TipsMenari Mengenai Menabung TanpaBeban.

Langsung potong 10 persen begitu ada penghasilan

Sebenarnya, cara ini juga dapat di lakukan di akhir bulan. Besarannya tetap 10 persen tetapi kamu baru memasukkannya ke tabungan di tanggal-tanggal tua. Masalahnya, di tanggal tersebut kamu barangkali merasa membutuhkan uang lebih buat menyambung hidup sampai waktunya gajian. Akhirnya, 10 persen yang seharusnya di alokasikan untuk tabungan justru batal kamu setorkan. GESIT QQ

Lain halnya dengan jika kamu telah menabungnya begitu menerima penghasilan. Saat itu, kamu sedang merasa kaya. Menggeser sejumlah uang dari dompet ke tabungan menjadi terasa ringan.

Untuk kamu yang tidak punya gaji, tips ini tetap bisa di gunakan. Misalnya, kamu menerima honorarium, royalti, atau upah harian. Kapan pun kamu memperolehnya, potong dulu 10 persen untuk mengisi tabungan sebelum di gunakan buat berbagai kebutuhan.

Selain itu, besaran tersebut juga bisa kamu sesuaikan dengan penghasilan. Jika ingin menyisihkan lebih, kamu bisa menambahkannya, misal 20 hingga 30 persen dari pendapatan. Konsistensi juga sangat penting dalam hal ini.

Jangan menghapus semua kesenanganmu demi menabung lebih banyak

Menahan semua keinginan sekadar demi menabung lebih banyak malah dapat berakibat buruk. Ibarat bendungan, pintunya bisa tiba-tiba jebol karena tak kuat lagi menahan debit air.

Setelah menabung berbulan-bulan, kamu justru menghabiskannya dalam sekejap buat memuaskan diri. Kalau begini, bukankah lebih aman dan menyenangkan seandainya kamu tidak terlalu keras dalam berusaha menabung?

Menabung harus tetap dilakukan. Akan tetapi, pos buat menyenangkan diri juga wajib ada. Contohnya, buat piknik atau makan di luar. Sebab hal-hal yang bikin kamu senang niscaya meningkatkan energi positifmu. Kamu bakal tambah semangat dalam bekerja.

Menabung semua bonus dan hidup hanya dari gaji pokok atau sebaliknya

Mana yang lebih besar dalam penghasilanmu, gaji pokok atau bonus-bonusnya? Jika gaji pokok masih lebih besar daripada total bonus yang bisa di peroleh, gunakan gaji pokok tersebut untuk membiayai hidup sehari-hari.

Kumpulan bonus langsung saja di masukkan ke tabungan. Sebaliknya kalau bonus yang kamu dapatkan tiap bulannya berlipat-lipat dari gaji pokok, bonuslah yang di gunakan buat biaya hidup sedangkan gaji pokok di tabung.

Mengapa demikian? Alasannya, biaya hidup tak sedikit. Apalagi dengan adanya beberapa tanggungan. Nah, jika gaji pokok yang lebih besar daripada bonus pun masih mepet buat ongkos hidup, sisihkan separuh saja dari bonus guna ditabung.

Aturan ini bisa kamu terapkan pula dalam penghasilan aktif serta pasif yang dimiliki. Hiduplah hanya dengan menggunakan penghasilan aktif yang dihasilkan dari pekerjaan sehari-hari. Penghasilan pasif seperti bunga deposito dan royalti dialokasikan untuk tabungan. TipsMenari Mengenai Menabung TanpaBeban.

BACA JUGA : Tips Menarik Mengenai Menjaga Kesehatan Mental