TipsMembaca Dari TeleprompterLayaknya NewsAnchor

TipsMembaca Dari TeleprompterLayaknya NewsAnchor

BERITA GESIT TipsMembaca Dari TeleprompterLayaknya NewsAnchor. Ketika sedang berbicara di depan kamera, baik itu saat membuat konten, pidato, presentasi atau yang lainnya, pasti tidak ingin dong jika bicaranya terlihat terbata-terbata atau bahkan tidak tahu mau ngomong apa. Nanti kesannya si orang yang berbicara itu tidak menguasai apa yang ingin di utarakannya.

Ketimbang harus mengingat deretan teks atau menggunakan kartu panduan, gunakan saja layar baca atau yang lebih di kenal dengan istilah teleprompter. Teleprompter adalah perangkat display elektronik yang menampilkan teks berjalan yang harus dibaca, sehingga kesannya terlihat berbicara lisan tanpa membaca teks. Teleprompter banyak di gunakan oleh para pembaca berita di TV.

Berikut ini adalah beberapa tips saat membaca dari teleprompter.

Hindari pergerakan mata

Ketika membaca teks dari teleprompter, jangan sampai mata kamu terlihat bergerak ke kanan ke kiri seperti orang yang sedang membaca.

Untuk menghindari hal ini ada beberapa cara. Pertama, kamu dapat mengurangi area teks sehingga kamu membaca dengan margin yang lebih sempit.

Kedua, kamu dapat memperbesar ukuran teks sehingga mata tetap fokus di tengah layar. Jarak antara kamu dengan perangkat teleprompter akan menentukan seberapa banyak kamu perlu menyesuaikan kedua faktor ini.

Temukan kecepatan membaca

Jika teleprompter-nya terlalu cepat, kamu mungkin akan melewati beberapa kata. Sebaliknya, jika terlalu lambat kamu akan seperti orang bengong.

Memang, di beberapa perangkat teleprompter profesional, ada yang memiliki fitur deteksi suara yang akan menggulir teks secara otomatis. Bisa juga menggunakan remote yang di kendalikan sendiri oleh si pembacanya, seperti yang di gunakan oleh pembaca berita di TV.

Namun jika kamu menggunakan teleprompter DIY atau lewat aplikasi teleprompter gratisan, biasanya hanya memiliki fitur kecepatan scrolling text yang sudah di tentukan sebelumnya. Makanya kamu harus bereksperimen dulu untuk mengetahui kecepatan mana yang pas. Sehingga sewaktu membaca, teksnya tidak terlalu cepat atau terlalu lambat. GESIT QQ

Bersikap wajar dan alami

Masalah yang sering di temui saat menggunakan teleprompter adalah si pembacanya terlalu fokus membaca teks teleprompter dan malah terlihat jadi kaku, mirip robot.

Ingat, saat membaca dari teleprompter, usahakan terlihat seperti sedang tidak membaca sesuatu. Buatlah seakan-akan kamu seperti sedang ngobrol biasa, tersenyum, menggunakan gerakan tangan, dan mengubah intonasi untuk mengurangi kemonotonan.

Berlatih dengan naskah yang akan di baca

Semakin familiar dengan naskah yang akan dibaca, maka semakin mudah untuk bersikap secara alami selama proses syuting.

Contoh, jika kamu harus membaca naskah tentang hal yang kurang familiar. Misalnya harus mengucapkan sebuah istilah dalam bahasa asing (ex: Arbeitslosigkeitsversicherung), atau penyebutan nama orang yang agak sulit (ex: Boris Rozhdestvenskiy). Tapi jika kamu sudah memahami isi naskahnya dengan baik maka kamu akan lebih fokus ke penyampaiannya ketimbang fokus ke bagaimana membaca naskahnya.

Postur tubuh yang baik

Mempertahankan postur tubuh yang baik akan meningkatkan penampilan dan suara kamu. Cara yang baik untuk menjaga postur adalah dengan duduk di tepi kursi, atau sambil berdiri. TipsMembaca Dari TeleprompterLayaknya NewsAnchor.

BACA JUGA : Tips Menarik Mengenai Menjadi Sosok Yang Rajin