Tips Menabung Cepat Untuk Milenial yang Efektif

Tips Menabung Cepat Untuk Milenial yang Efektif

GESITPOKER Tips Menabung Cepat Untuk Milenial yang Efektif. Salah satu permasalahan milenial yang paling sering di hadapi adalah susahnya mengatur keuangan hingga manabung. Banyak milenial yang hidup dari paycheck-to-paycheck tanpa memiliki tabungan, yang ada malah banyak hutang kredit. Tabungan bisa berguna untuk banyak hal dan sebaiknya memiliki tujuan agar kamu lebih termotivasi saat menabung. Jadikan menabung sebagai kebiasaan baik yang manfaatnya akan di rasakan kedepannya. Kemudian, yang sering di tanyakan orang adalah bagaimana tips menabung cepat dan mudah di realisasikan. Berikut adalah 5 tips menabung sebagai referensi kamu:

1. Tetapkan Rencana Menabung

Menabung tanpa rencana biasanya akan melemahkan motivasi. Oleh karena itu, penting untuk membuat beberapa tujuan menabung, mau di apakan uang ini jika sudah terkumpul. Kamu harus memiliki target yang jelas dan cara untuk merealisasikannya. Untuk kamu yang masih pemula dan baru membiasakan diri menabung ini dia langkah yang bisa kamu coba! Cari tau harga pasaran sesuai yang ingin kamu wujudkan. Tetapkan deadline waktu mewujudkannya, dan hitung juga perkiraan inflasi. Berkomitmen untuk menabung rutin setiap bulan.

2. Stick to the Budget

Godaan dari menabung biasanya datang dari pengeluaran-pengeluaran rutin yang biasanya tidak terlalu penting. Misalkan seperti nongkrong di kafe elite, jajan makanan kekinian, dan lainnya. Kalau kamu bisa menahan godaan ini, uang tersebut bisa di masukkan ke dalam tabungan yang sedang kamu rencanakan. Ingatkan diri akan tujuan keuanganmu yang lebih besar dan bermanfaat.

3. Batasi atau Kurangi Pengeluaran Tidak Penting

Besar kecilnya gaji mungkin akan mempengaruhi nominal tabungan yang bisa kamu sisihkan setiap bulan. Namun yang lebih penting adalah bagaimana konsistensi dan komitmen kamu untuk mewujudkan tabungan yang sudah di rencanakan. Jadi, tips menabung selanjutnya adalah dengan mencoba untuk mengurangi pengeluaran yang kurang penting, utamakan kebutuhan dan singkirkan keinginan.

4. Cari Pendapatan Tambahan

Kalau setelah mengurangi pengeluaran kamu merasa masih membutuhkan pendapatan yang lebih banyak, cobalah untuk mencari penghasilan tambahan. Saat ini ada banyak solusi untuk kamu menambah pundi-pundi bahkan hanya dari rumah. Kamu bisa mencoba berbagai bisnis yang minim modal, salah satunya adalah bisnis dropship.

The Power of 20.000

Tips menabung ini di populerkan oleh seorang motivator, bernama Ippho Santosa. Beliau membeberkan cara menabung mudah yang unik dan efektif dengan menyiapkan sebuah celengan dan menabungkan setiap uang Rp20.000 yang kamu temukan di dompet. Jadi, misalkan kamu berbelanja dan mendapatkan kembalian Rp20.000, maka uang tersebut harus langsung di tabungkan.

Menabung Terbalik Tanggal

Misalkan dalam satu bulan terdapat 30 hari. Jadi pada tanggal 1 kamu menabung sebesar Rp30.000, pada tanggal 2 menabung sebesar Rp29.000, tanggal 3 menabung sebesar Rp28.000 dan seterusnya. Sampai pada akhir bulan tanggal 30 kamu memasukan uang Rp1.000 ke dalam tabungan yang telah di isi sebulan penuh. Dalam 30 hari saja kamu kurang lebih telah menabungkan sebesar Rp465.000 lho!

Kumpulkan Uang Receh

Jangan anggap remeh uang receh! Ada pepatah yang bilang, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Mulailah realisasikan nasehat dari pepatah tersebut dengan mengumpulkan setiap uang receh yang di dapat dan di temukan dalam tas, saku, ataupun dompet. Sediakan celengan dengan ukuran besar untuk mengumpulkan recehan ini. yang cukup besar, karena uang recehan lumayan memakan tempat.

Menabungkan Uang Kertas Terkecil

Tipe menabung unik lainnya adalah dengan menyimpan uang kertas di dompet dengan nominal terkecil. Ada baiknya kamu mengatur jam berapa akan menabungkan uang tersebut. Misalkan, setiap sampai rumah setelah beraktifitas seharian langsung cek dompet dan sisihkan uangnya.

Sebenarnya ada banyak metode menabung yang bisa di terapkan, mulai dari sistem auto-debit saat gajian atau secara konvensional dan unik seperti yang di contohkan di atas. Bagaimanapun cara dan tips menabung yang di gunakan, paling penting adalah bagaimana kamu bisa konsisten untuk menabung dan tidak menggunakan uang tersebut sebelum mencapai nominal dan tujuan keuangan yang telah di rencanakan. Tips Menabung Cepat Untuk Milenial yang Efektif. GESITPOKERLOUNGE