Tanggapan LAPAN Viral Meteor Jatuh Di Merapi

Tanggapan LAPAN Viral Meteor Jatuh Di Merapi

GESITPOKER LOUNGE, Tanggapan LAPAN atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional beredarnya foto yang sebuah meteor jatuh di puncak Gunung Merapi.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa pihaknya tidak melakukan pengamatan meteor sporadik, hanya menganalisa laporan warga.

Ini Tanggapan Lapan Soal Viral Meteor Jatuh di Merapi

Adapun terkait dugaan jatuhnya meteor di puncak Gunung Merapi, sampai saat ini, Lapan belum menerima laporan dari warga.

“Perlu ada laporan dari lokasi lain untuk konfirmasi. Saat ini, rekayasa foto sering terjadi. Jadi, sementara saya tidak berkomentar atas kesaksian tunggal,”

Sementara itu, Peneliti Lapan Rhorom Priyatikanto berdasarkan pengamatan dari foto tersebut, ia cukup menyakini itu adalah meteor atau fireball (meteor terang).

Namun, menurutnya benda luar angkasa itu kemungkinan tidak jatuh di puncak, tapi di sekitar Gunung Merapi.

“Belum tentu di puncaknya karena untuk pastikan lokasi jatuh, perlu pengamatan dari beberapa lokasi secara simultan,” jelasnya.

Media sosial Twitter dihebohkan dengan beredarnya foto kilatan cahaya yang disebut meteor jatuh di puncak Gunung Merapi.

Ternyata CCTV yang pasang BPPTKG untuk pengamatan aktivitas puncak Gunung Merapi, juga merekam kilatan cahaya.

Foto tersebut beredar di salah satu akun Twitter @merapi_undercover pada Jumat (28/5).

DiBaca Juga : Mengenal Bentuk Payudara Wanita, Seperti ‘Lonceng’ hingga Asimetris

“Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta(27 Mei 2021)
📸: Gunarto_song,” tulis akun @merapi_uncover, Jumat (28/5/2021).

Ini Kata Lapan Soal Viral Meteor Jatuh di Merapi

Foto yang viral itu oleh Gunarto (pemilik akun @Gunarto_song). Saat konfirmasi, Gunarto menceritakan awal mula menjepret foto tersebut.

“Foto dari lokasi Batu Alien di daerah Kaliadem, Cangkringan pada Kamis (27/5) malam. Kalau dari file kamera itu pukul 23.07 WIB.”

Gunarto menceritakan saat mengambil gambar itu, ia benar-benar melihat kilatan cahaya putih yang jatuh ke puncak Gunung Merapi. Gunarto menyebut durasi jatuhnya cahaya itu begitu cepat.

“Yang pasti kalau ngomong itu foto saya bener-bener melihat ada cahaya putih dan cukup terang dia jatuh dari atas ke pokoknya saya tahunya dia itu cuma satu dua detik ya, cepat sekali, jatuh dari atas ke bawah. Saya lihat bawahnya itu pas di puncak gitu,” tuturnya.

SUMBER BERITA : GESIT POKER ONLINE