Tanaman Berbentuk Paling Aneh di Dunia

Tanaman Berbentuk Paling Aneh di Dunia – GesitQQ – Melihat penampilan tanaman-tanaman berikut, mungkin Anda bakal berpikir ini adalah tumbuhan di dalam cerita fiksi ilmiah. Tetapi mereka benar-benar ada di dunia nyata, lho.

Beberapa di antara tanaman berbentuk ganjil ini memang termasuk flora langka. Misalnya Rafflesia arnoldii yang di Indonesia pun sulit ditemukan. Sementara sisanya hanya bisa ditemukan di daerah-daerah tertentu, jadi wajar jika kita tak terbiasa melihatnya.

Berikut ini kami tampilkan tanaman berbentuk paling aneh dan tempat untuk menemukannya, seperti dilansir MailOnline Travel.

Lithops – Afrika

Tanaman Berbentuk Paling Aneh di Dunia

Tumbuhan lithops juga dikenal dengan nama living stone atau batu hidup. Pasalnya bentuk tumbuhan ini memang mirip batu apung berukuran sedang yang bergeletakan di tanah.

Sebenarnya lithops adalah genus sukulen yang cuma bisa ditemukan di bagian selatan Afrika. Bentuknya yang mirip batu adalah mekanisme pertahanan diri dengan kamufluase, dengan begitu dia tak akan mudah dimakan binatang. Tanaman Berbentuk Paling Aneh di Dunia

Uniknya, tumbuhan ini juga bisa mengubur diri di dalam tanah. Hal ini mereka lakukan untuk melindungi diri dari cuaca ekstrem di gurung pasir.

Tumbuhan Darth Vader – Brasil

Tanaman Berbentuk Paling Aneh di Dunia

Aristolochia salvadorensis lebih dikenal sebagai tanaman Darth Vader, karena bentuknya mirip topeng tokoh antagonis utama Star Wars. Tanaman berpenampilan seram ini dapat ditemukan tumbuh di padang rumput yang lembap dan dataran yang biasa terendam banjir di Brasil. Tumbuhan ini juga memiliki aroma yang tajam, dengan bagian dalam yang dilengkapi rambut lengket untuk menarik serangga penyerbuk.

Rafflesia arnoldii – Indonesia

Tanaman Berbentuk Paling Aneh di Dunia

Rafflesia arnoldii memiliki bunga terbesar di dunia, dengan mahkota seperti beludru merah darah berbintik putih. Ini adalah tumbuhan endemik langka yang hanya bisa ditemukan di Sumatera, terutama Bengkulu dan kadang Kalimantan.

Bunga yang juga disebut padma raksasa ini merupakan parasit yang tidak memiliki akar, daun, dan tangkai. Saat sedang mekar sempurna, diameternya bisa mencapai 1 meter. Sementara beratnya bisa mencapai 11 kilogram.

Bunga Bangkai – Indonesia


Satu lagi bunga raksasa yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, yaitu Amorphophallus titanum. Juga dikenal dengan nama titan arum. Menurut keterangan di situs Royal Botanic Gardens Kew, bunga ini memiliki perpaduan aroma daging busuk, kotoran, dan keju basi.

Bunga bangkai bisa ditemukan di hutan hujan tropis Sumatera bagian barat. Meskipun tak mudah ditemukan, tanaman ini sebenarnya bisa dibudidayakan. Walaupun begitu mekarnya hanya lima atau sepuluh tahun sekali.

Kaktus Bintang Laut – Afrika Selatan



Kaktus bintang laut yang secara ilmiah dikenal sebagai Stapelia grandiflora adalah tanaman asli Afrika Selatan. Tumbuhan tersebut bisa menghasilkan bunga berbentuk bintang besar yang lebarnya bisa mencapai lebih dari 30 cm.

Baca juga : Hewan Yang Dikirim Ke Ruang Angkasa