Sepakat! MotoGP Bakal Adakan Balap di Arab Saudi

GESITQQ LOUNGE – Sepakat! MotoGP Bakal Adakan Balap di Arab Saudi MotoGP dipastikan bakal segera menggelar balapan di Arab Saudi. Pemegang hak komersial ajang balapan ini, yakni Dorna Sports, telah menandatangani nota kesepakatan dengan Saudi Motorsport Company.

Nantinya, seri Arab Saudi akan menjadi seri Timur Tengah yang kedua setelah Qatar. Sirkuit Losail biasanya di gunakan jadi seri pembuka musim reguler. MotoGP. Namun slot itu untuk tahun 2023 telah di lepaskan karena adanya peningkatan jalur pit.

1. Telah capai kesepakatan

Sepakat! MotoGP Bakal Adakan Balap di Arab Saudi

Dilansir Speed Cafe . Dorna Sports dan Saudi Motorsport Company telah mencapai kata sepakat untuk menggelar balap di Arab Saudi. Kedua pihak sudah menandatangani nota kesepahaman yang akan memasukkan Arab Saudi ke dalam jadwal reguler MotoGP.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dan HRH Pangeran Khalid Bin Sultan Al Abdullah Al-Faisal, Ketua Saudi Automobile and Motorcycle Federation dan SMC, menandatangani perjanjian saat Grand Prix San Marino baru saja selesai. 

“Sebagai kejuaraan dunia terkemuka untuk balap sirkuit roda dua, kami sangat senang dengan kesempatan memperluas jangkauan MotoGP di Timur Tengah dengan menambahkan Grand Prix tahunan di Arab Saudi,” kata Ezpeleta.

Baca Juga: Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksi

2. Deretan kejuaraan balap dunia

Sepakat! MotoGP Bakal Adakan Balap di Arab Saudi

MotoGP akan menambah deretan kejuaraan balap dunia yang di gelar di Arab Saudi. Tahun lalu, Arab Saudi juga menggelar Formula 1, termasuk motorsport lainnya seperti Reli Dakar, Formula E, dan Extreme E. GESITQQ ONLINE

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Dorna untuk mewujudkan komitmen bersama kami untuk membawa kejuaraan balap terhebat di dunia ke Arab Saudi. Kami ingin terus memberikan lebih banyak peluang dan inisiatif untuk memperkaya kehidupan semua penduduk kami,” kata sang pangeran.

3. Bangun sirkuit baru

Sepakat! MotoGP Bakal Adakan Balap di Arab Saudi

Nantinya, sirkuit baru akan dibangun untuk menggelar balap MotoGP. Sirkuit tersebut akan multifungsi dan terhomologasi oleh FIM dan FIA.

Kemungkinan, sirkuit itu akan berada di Qiddiya, dekat ibukota Riyadh. Hal ini kemungkinan juga akan menjadi perbincangan karena itu adalah tempat di mana F1 direncanakan akan pindah.
Sepakat! MotoGP Bakal Adakan Balap di Arab Saudi