Selain untuk Diet, Ini 5 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

GESITPOKER Lounge – Beras merah  menjadi salah satu bahan makanan yang bisa menghasilkan karbohidrat yang baik. Bahkan, beras merah sering disebut sebagai sumber karbohidrat yang lebih baik dari beras putih atau pun kentang. Kandungan serat yang tinggi dalam beras merah memiliki manfaat untuk membantu proses diet. Namun, selain untuk diet, beras merah ini ternyata memiliki manfaat lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Ingin tahu apa saja manfaat beras merah? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

1. Mencegah Diabetes

Selain untuk Diet, Ini 5 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang populer karena cukup banyak orang yang menderita penyakit ini. Secara umum, diabetes sebenarnya bukanlah penyakit yang hanya bisa menjangkiti orang yang memiliki tubuh obesitas saja.

Orang-orang yang memiliki tubuh ideal juga bukan tidak mungkin bisa terkena penyakit ini. Sebab, diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula yang ada di dalam tubuh terlampau tinggi di atas batas normal. Tubuh penderita diabetes akan kesulitan memproduksi insulin yang berguna untuk mengubah glukosa menjadi energi. 

Jika seseorang sudah mengalami gangguan diabetes, maka harus benar-benar menjaga pola makannya. Salah satu makanan yang paling dilarang untuk dikonsumsi adalah makanan yang mengandung tinggi gula. Daripada beras putih, beras merah memiliki kandungan glikemik yang rendah sehingga bisa mengatur kadar gula dalam darah.

Stephen Boue dari Agricultural Research Service, Department of Agriculture Amerika Serikat juga sudah membuat riset soal ini, dan terbukti manfaat beras merah baik untuk diabetes. Jadi jika kamu mengalami gejala diabetes, sebaiknya konsumsi beras merah sebagai sumber energi utama.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Selain untuk Diet, Ini 5 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Sistem imun dalam tubuh juga sangat perlu diperhatikan. Saat imun atau daya tahan tubuh berkurang maka bisa mengakibatkan tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Itulah mengapa imun tubuh sangat perlu dijaga karena bisa menghindari beberapa penyakit mulai dari flu, batuk, hingga penyakit yang lainnya. 

Salah satu cara untuk menjaga sistem imun tetap baik yaitu dengan teratur mengonsumsi beras merah. Dalam beras merah terkandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, juga terdapat zinc yang bisa membantu penyembuhan luka dengan cepat dan menjaga imun agar berfungsi dengan baik.

Selain itu, kandungan zinc dalam beras merah juga bisa menangkal radikal bebas. Manfaatnya bagi imun ini dibahas dalam riset Keneswary Ravichanthiran dari Faculty of Food Science and Nutrition, Universiti Malaysia. Riset ini dipublikasikan pada tahun 2018 lalu dengan judul Phytochemical Profile of Brown Rice and Its Nutrigenomic Implications.

3. Menurunkan Kolesterol

Selain untuk Diet, Ini 5 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa penyakit yang kronis seperti penyakit jantung hingga stroke bisa terjadi karena kadar kolesterol yang sangat tinggi. Menjaga kolesterol memang cukup sulit karena banyak sekali bahan makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. Misalnya makanan yang tinggi kolesterol adalah makanan yang digoreng hingga makanan cepat saji. 

Salah satu makanan yang bisa menurunkan kolesterol adalah beras merah. Sumber karbohidrat yang satu ini memiliki kandungan GABA atau Gamma-Aminobutyric yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Jadi dengan rajin mengonsumsi beras merah akan membuat kolesterol tetap dalam keadaan yang normal. Sebuah artikel ilmiah yang diunggah di situs resmi National Institute of Health, Department of Health and Human Services Amerika Serikat,  menuliskan bahwa beras merah bisa membantu mengurangi kolesterol.

4. Mencegah Kanker

Selain untuk Diet, Ini 5 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti. Memang jika kanker tidak segera ditangani bisa berakibat fatal hingga kematian. Kanker bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari keturunan hingga gaya hidup yang tidak baik. Selain itu, radikal bebas juga bisa menjadi penyebab utama dari timbulnya kanker. Salah satu pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kanker yaitu dengan rajin mengonsumsi beras merah. 

K. Pintha dari Department of Biochemistry, Faculty of Medicine, Chiang Mai University Thailand dalam risetnya membuktikan bahwa beras merah bahkan memiliki antioksidan yang cukup untuk membunuh tumor bakal kanker.  Antioksidan tersebut akan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel dan jaringan pada tubuh yang bisa menimbulkan kanker. Jadi jika kamu ingin terhindar dari penyakit yang satu ini, mulai biasakan untuk makan menggunakan beras merah daripada beras putih. 

5. Memelihara Kesehatan Pencernaan

Selain untuk Diet, Ini 5 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat terakhir dari beras merah yaitu untuk kesehatan pencernaan. Memelihara pencernaan agar tetap sehat sangat diperlukan. Pencernaan yang sehat tentunya bisa menjauhkan dari penyakit-penyakit seperti maag, hingga sembelit. Beras merah sangat penting digunakan untuk merawat sistem pencernaan karena memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. 

Banyaknya kandungan serat pada beras merah bisa dijadikan bahan makanan pokok saat melakukan diet. Soal kandungan serat yang banyak ini juga dibenarkan oleh Harvard School of Public Health yang menelaah lebih jauh mengenai manfaat beras merah. Mengonsumsi beras merah akan membuat perut kenyang lebih lama jika dibandingkan dengan beras putih. Itulah mengapa banyak orang yang mencoba diet dengan menggunakan beras merah. Selain bisa menjaga kesehatan pencernaan, beras merah juga sangat baik untuk dijadikan makanan sehat untuk diet. 

Beras merah memang memiliki sejumlah manfaat baik untuk tubuh. Tidak hanya mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, hingga stroke, beras merah juga sangat berguna untuk dijadikan menu diet. Jika kamu mengalami masalah obesitas, sebaiknya mulai teratur untuk mengonsumsi beras merah karena hasilnya bisa benar-benar terlihat. 

Beras merah bisa dengan mudah kamu temukan saat ini.  Terlebih lagi di zaman serba digital seperti saat ini, kamu tidak perlu repot keluar rumah untuk membelinya. Pasalnya, kamu bisa membeli beras merah di e-commerce yang ada di Indonesia. Selain praktis, membeli beras merah di e-commerce tentunya lebih murah karena ada banyak pilihan promo yang bisa digunakan.

Jika ingin lebih hemat lagi, kamu bisa membelinya lewat karena bisa langsung mendapatkan cashback yang sangat menguntungkan. Jadi, tunggu apa lagi segera install aplikasi ShopBack sekarang juga dan dapatkan cashback serta promo menarik lainnya.