Ragam Sayuran yang Mengandung Asam Folat untuk Kesehatan

BERITA GESIT, Ragam Sayuran yang Mengandung Asam Folat untuk Kesehatan. Mengonsumsi sayuran yang mengandung asam folat seperti bayam, kentang, wortel, dan pokchoy dapat membantu meringankan nyeri rematik dan mengatasi gejala anemia.

Vitamin B9, folat, atau asam folat adalah vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin ini bisa di konsumsi dari suplemen, tapi banyak juga sayuran yang mengandung asam folat tinggi.

Konsumsi folat dari makanan seperti sayuran tentunya lebih di sarankan, kecuali untuk ibu hamil yang juga membutuhkan tambahan dari suplemennya.GESIT QQ

sayuran berdaun hijau adalah contoh sayuran yang mengandung asam folat

Ragam Sayuran yang Mengandung Asam Folat untuk Kesehatan

1. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu sayuran yang mengandung asam folat dengan kadar tinggi. Setiap 90 gram asparagus yang di masak mengantongi 134 mikrogram folat (vitamin B9 alami) untuk mencukupi sekitar 34% kecukupan asam folat harian kita. 

2. Bayam

Bila Anda sulit menemukan asparagus, bayam dapat menjadi pilihan sayuran sumber folat yang paling mudah di temukan.

Bayam mengandung 58,2 mikrogram folat dalam setiap 30 gramnya. Asupan tersebut dapat memenuhi 15% kebutuhan kita akan asupan folat untuk satu hari.

3. Kale

Kale merupakan sayuran superfood yang tengah naik daun karena kandungan gizinya tidak main-main.

Ini pun termasuk ke dalam kelompok sayuran yang mengandung asam folat dengan kadar cukup mengesankan. Untuk setiap 118 gram kale yang di masak, Anda bisa mendapatkan sekitar 76,7 mikrogram folat. 

4. Bit

Walau masyarakat kerap menyebutnya sebagai “buah bit”, bit sebenarnya merupakan jenis umbi-umbian.

Bit pun menjadi sayuran yang mengandung asam folat yang bisa mewarnai meja makan Anda. Setiap 136 gram bit mengantongi sekitar 148 mikrogram folat, yang bisa mencukupi 37% kebutuhan harian tubuh kita.

Bit juga kaya dengan nutrisi lain seperti kalium, vitamin C, dan mangan.

5. Brokoli

Seperti kerabatnya, yaitu kale, brokoli turut menjadi sayuran yang mengandung asam folat. Sekitar 78 gram brokoli masak memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap folat hingga 21%, dengan kadar sekitar 84 mikrogram. 

Brokoli juga mengandung zat antioksidan yang di sebut sulforaphane. Sulforaphane di laporkan memiliki efek antikanker bagi tubuh.

6. Brussel sprout

Brussel sprout atau kubis Brussel juga masih berkerabat dekat dengan brokoli dan kale. Kubis brussel mengantongi folat sekitar 47 mikrogram per setiap 78 gramnya, yang mampu mencukupi kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin B9 hingga 12 persen.

Sayuran yang mengandung asam folat ini pun kaya dengan vitamin dan mineral lain, seperti zat besi, magnesium, serat, vitamin K, dan vitamin C.

7. Selada

Selada juga termasuk jenis sayuran yang mengandung asam folat. Untuk setiap sajian 70 gram selada romaine atau selada cos, kita bisa mendapatkan sekitar 90,3 mikrogram folat.  Jenis selada lainnya, yaitu selada iceberg, turut mengantongi vitamin B9 ini.