Ragam Sate Khas Nusantara

Gesit Poker Indonesia – Sate tentunya menjadi salah satu kuliner khas Nusantara yang menjadi favorit berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Tak hanya diakui oleh masyarakat lokal, kuliner ini bahkan sudah di akui dunia dan berada diperingkat 14 dari World’s 50 most delicious foods.

Menariknya, setiap daerah di Tanah Air ternyata memiliki sate dengan ciri khas masing-masing. Selain bahan dasar beserta bumbunya, orang Indonesia juga punya cara memasak yang beragam. berikut beberapa jenis sate khas Indonesia yang dijamin bikin ngiler.

1. Sate Madura

Salah satu jenis sate yang paling terkenal dan mudah ditemukan di seantero Nusantara adalah sate Madura. Makanan yang satu ini bisa ditemukan di warung pinggir jalan atau pedagang kaki lima.

Sate Madura biasa terbuat dari daging ayam atau kambing yang dihidangkan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap. Biasanya sate ini akan disajikan dengan alas daun pisang, nasi hangat atau lontong dan acar bawang.

2. Sate Padang

Selain sate Madura, sate Padang juga sangat terkenal dan sering menjadi buruan para pecinta kuliner Nusantara. Sate asli Sumatera Barat ini terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang direbus dengan bumbu, lalu dipanggang.

Berbeda dengan sate kebanyakan yang menggunakan bumbu kacang, sate ini menggunakan saus kuah kuning kental dengan rasa kari. Sate ini biasa dimakan dengan tambahan ketupat dan keripik singkong balado pedas.

3. Sate Ponorogo

Sate berikutnya adalah yang berasal dari Ponorogo Jawa Timur. Sate yang satu ini sebenarnya tak jauh berbeda dari sate yang lain, yaitu daging ayam tusuk yang dilengkapi dengan bubu kacang.

Namun, ciri khas sate ini adalah dalam setiap tusuknya hanya terdapat satu potong daging ayam yang diiris memanjang. Tentunya sangat berbeda dengan sate pada umumnya yang satu tusuk terdiri dari 5 potong daging sehingga membuat yang satu ini menjadi unik.

4. Sate Tegal

Sesuai dengan namanya, sate ini memang berasal dari tegal, Jawa Tengah. Ciri khas sate yang satu ini adalah penggunaan kambing muda berumur di bawah lima bulan. Oleh karena itu, sate ini juga disebut dengan sate balibul alias baru lima bulan.

Satu tusuk sate Tegal biasanya terdiri dari dua potong daging, satu potong lemak dan satu lagi potongan daging. Sate ini dilengkapi dengan kecap manis yang dicampur dengan air panas, ditambah irisan cabai, bawang merah, tomat hijau, taburan bawang dan nasi putih.

5. Sate Ambal

Sate Ambal merupakan kuliner yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Sate ini terbuat dari daging ayam kampung. Yang membuat sate ini terkenal adalah kelezatan bumbunya yang meresap hingga ke dalam daging.

Bagaimana tidak, sebelum dibakar, daging ayam kampung direndam dalam bumbu selama dua jam. Sementara untuk bumbunya, dibuat dari tempe tumbuk yang dicampur cabe dan rempah-rempah lain.

6. Sate Blora

tak jauh berbeda dari yang lain, sate Blora juga berbahan dasar daging dan kulit ayam. Tapi sate yang satu ini disajikan dengan potongan lebih kecil dari sate lainnya.

Yang membuat sate Blora berbeda dengan yang lain adalah cara penyajiannya. Sate Blora biasanya disajikan dengan bumbu kacang, nasi dan sup dari santan sehingga membuat kuliner yang satu ini kaya akan rasa.

7. Sate Banjar

Selanjutnya adalah sate Banjar yang sangat populer di Banjarmasin. Bahan dasarnya adalah daging ayam, tapi yang membuat sate ini sangat lezat adalah penggunaan bagian paha ayam saja.

Daging paha ayam tersebut kemudian di fillet dan dilumuri bumbu terlebih dahulu, lalu dipanggang. Sate Banjar biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan ketupat serta sambal khas daerah.

8. Sate Buntel

Sate buntel merupakan kuliner khas Kota Solo atau Surakarta, Jawa Tengah. Sate ini terbuat dari cincangan daging sapi atau kambing (terutama bagian perut atau iga). Daging kaya lemak ini kemudian dibungkus selaput membran daging dan dililitkan membungkus tusukan bambu.

Ukuran sate ini cukup besar, mirip dengan kebab Timur Tengah. Sehingga, setelah dipanggang di atas bara arang, sate ini kemudian dipisahkan dari tusuknya, diiris-iris, lalu disajikan dengan kecap manis dan merica.

9. Sate Lilit Dan Sate Pusut

Selanjutnya adalah sate Lilit khas Bali. Bahan dasar sate ini bisa dari daging sapi, ayam, ikan, babi, atau kura-kura yang dicincang. Sate lilit ini tidak disajikan dengan ditusuk melainkan dicincang halus. Daging lalu dicampur kelapa parut santan kental, jeruk nipis, bawang merah, dan merica.

Setelah siap, daging dibungkus melilit dengan tusukan bambu pipih, batang tebu, atau batang serai, lalu dipanggang di atas bara arang. Sate serupa juga bisa ditemukan di Lombok dan dikenal dengan sate Pusut. Bedanya, sate pusut tidak menggunakan campuran santan kental.

10. Sate Maranggi

Kuliner khas selanjutnya adalah sate Maranggi yang biasa ditemukan di Purwakarta, Cianjur, dan Bandung, Jawa Barat. Sate ini terbuat dari daging ayam, sapi dan kambing.

Menariknya, bumbu sate ini dibuat khusus dari beberapa campuran unik. Bumbunya dibuat dari pucuk bunga kecombrang dan tepung ketan. Sate ini biasa dihidangkan dengan ketan atau nasi putih.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak sate khas Indonesia lain yang tak kalah uniknya. Yang jelas, beragam sate khas Nusantara ini sama-sama enak dan menggoyang lidah. Jadi sate mana yang menjadi favoritmu?

Pbk Game Terpercaya : Situs Poker Online Indonesia

  • Share:

Top bonuses

  •  Bonus Rollingan Dan Referral TerbesarMain!
  •  0,3% Bonus Rollingan / Bonus Referral 15%Main!

Latest news

Mark Zuckerberg Bocorkan WhatsApp Bakal Bisa di 4 Gadget Sekaligus

read more

Webinar Seri Modul Literasi Digital, Ajak Masyarakat Fahami Dunia Digital

read more

Google Error Tampilkan Terus Berhenti, Pengguna Terpaksa Force Close Aplikasi

read moreZodiak Ini Beruntung dalam Percintaan di Bulan Februari, Salah Satunya Gemini

Zodiak Ini Beruntung dalam Percintaan di Bulan Februari, Salah Satunya Gemini

read more

BeritaGesit
Beritagesit.com adalah situs yang memberikan pelayanan Berita Betting Kartu Online yang terpercaya dan terakurat dengan memberikan rekomendasi permainan kartu online. Permainan kartu yang paling populer di indonesia dengan 8 permainan yang dapat di mainkan dengan hanya menggunakan 1 ID saja.

Copyright © 2019 – www.beritagesit.com