Ragam Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil

BERITAGESIT.COM Ragam Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil. Ubi adalah salah satu jenis makanan yang baik untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Selain kaya antioksidan, ubi juga rendah kalori, bebas lemak, kaya serat dan merupakan sumber vitamin A. Tingginya kandungan nutrisi di dalam ubi dapat memberikan banyak manfaat di masa kehamilan.

Ubi dapat membantu memenuhi kebutuhan berbagai nutrisi selama masa kehamilan. Pada ubi terdapat kandungan beta karoten, yaitu zat pewarna yang akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A adalah vitamin yang memiliki fungsi penting untuk perkembangan janin.Ubi juga merupakan sumber vitamin C, vitamin B3, vitamin B6 dan mangan yang baik. Mengonsumsi ubi jalar berukuran sedang sudah dapat memenuhi lebih dari 10 persen nilai harian (DV) untuk kalium, tembaga, mangan, vitamin C, niasin, tiamin, dan vitamin B6.

Ragam Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil

1. Mendukung perkembangan janin

Ubi merupakan sumber vitamin A yang dapat mendukung perkembangan janin. Vitamin A bermanfaat untuk mendukung perkembangan berbagai organ janin seperti jantung, hati, ginjal, paru-paru, mata, dan kulit.

2. Meringankan morning sickness

Morning sickness atau mual dan muntah di pagi hari merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum di alami oleh ibu hamil. Kandungan vitamin B6 pada ubi untuk ibu hamil telah di kenal dapat membantu meringankan gejala mual.

3. Mengatasi sembelit

Ubi bisa menjadi sumber serat yang baik untuk ibu hamil, khususnya jika Anda tidak membuang kulitnya. Serat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan, termasuk mencegah dan mengatasi sembelit yang sering di alami oleh ibu hamil.

4. Membantu perkembangan otak bayi

Vitamin B6 atau Pyridoxine pada ubi memiliki peranan penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf pada janin. Vitamin B6 juga di perlukan untuk menghasilkan darah yang membawa nutrisi bagi ibu dan janin.

5. Penting untuk perkembangan tulang pada janin

Di masa kehamilan ibu perlu memenuhi kebutuhan vitamin C sekitar 90 mg per hari. Peranan vitamin C bagi perkembangan janin sangat banyak. Selain meningkatkan aktivitas enzim, vitamin ini juga di perlukan untuk pertumbuhan tulang dan tendon, perkembangan kulit janin dan sebagainya.

Itulah berbagai manfaat ubi untuk ibu hamil. Setiap ibu mungkin akan memberikan respon yang berbeda terhadap makanan yang di konsumsi.POKER ONLINE