Penyebab Sesak Napas saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sesak Napas saat Tidur dan Cara Mengatasinya

GESITPOKER Penyebab Sesak Napas saat Tidur dan Cara Mengatasinya. Sesak napas merupakan salah satu gangguan yang dapat menurunkan kualitas tidur. Sesak napas saat tidur dapat disebabkan oleh beberapa kondisi yang mendasarinya. Masalah ini umumnya tidak berbahaya, tetapi tidak jarang juga menandakan adanya gangguan kesehatan serius.

Sesak napas saat tidur bisa merupakan gejala dari macam-macam penyakit, termasuk gangguan jantung dan paru, sleep apnea, gangguan kecemasan, kegemukan, atau kambuhnya alergi.

Penyebab sesak napas saat tidur

Berdasarkan American Family Physician, sekitar 85 persen penyebab sesak napas saat tidur berhubungan dengan masalah-masalah berikut:

  • Masalah paru-paru
  • Masalah jantung
  • Masalah kesehatan mental.

Berikut adalah sejumlah penyebab umum sesak napas saat tidur yang perlu Anda ketahui.

1. Gangguan paru

Gangguan paru bisa disebabkan oleh hal ringan hingga penyebab yang mengancam jiwa. Kondisi ini juga bisa dikarenakan alergi atau infeksi bakteri dan virus. Beberapa gangguan paru yang dapat menyebabkan sesak napas saat tidur, yaitu:

  • Asma

Asma merupakan kondisi terjadi peradangan pada paru yang menyebabkan sesak napas. Asma yang kambuh saat tidur dapat disebabkan oleh posisi tidur yang menekan diafragma, penumpukan dahak di tenggorokan, perubahan hormon saat malam hari, kondisi sekitar yang memicu asma, atau karena penyakit refluks asam lambung.

  • Emboli paru

Emboli paru adalah gangguan berupa gumpalan darah yang terbentuk pada paru sehingga menyebabkan sakit dada, batuk, pembengkakan, dan sesak napas saat tidur. Kondisi ini harus segera ditangani oleh tim medis.

  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

PPOK adalah penyakit peradangan paru kronis yang menyebabkan hambatan aliran udara pada paru. Salah satu jenis PPOK yang dapat menyebabkan sesak napas saat tidur adalah emfisema, yaitu kerusakan kantong udara (alveolus) pada paru-paru.

2. Gagal jantung

Gagal jantung adalah kondisi saat jantung gagal memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Sesak napas saat tidur adalah salah satu gejala utamanya. Selain itu, kondisi ini bisa ditandai dengan batuk atau bersin tanpa henti; mual; jantung berdebar; serta kaki bengkak.

3. Sleep apnea

Sleep apnea adalah kondisi sesak napas saat tidur dikarenakan terjadinya penyempitan jalan aliran udara sehingga menurunkan tingkat oksigen. Masalah ini dapat ditandai dengan sering terbangun saat tidur untuk menghela napas.Kondisi ini menyebabkan penderitanya tidak mendapatkan kualitas tidur yang dibutuhkan dan sering kali terbangun dalam keadaan letih di pagi hari. Selain itu, sakit kepala atau bangun dalam kondisi tidak nyaman juga bisa menjadi gejala sleep apnea.

4. Obesitas

Obesitas atau kegemukan dapat menyebabkan sesak napas saat tidur. Masalah ini ditimbulkan sebagai efek kegemukan pada area perut yang menyebabkan paru-paru kesulitan mengembang seluruhnya.

5. Gangguan panik dan kecemasan

Sesak napas saat tidur bisa diakibatkan oleh gangguan kesehatan mental, seperti serangan panik dan kecemasan. Tidak hanya itu, gangguan kecemasan juga dapat membuat Anda merasa mual dan merasa seperti hendak pingsan.   

Demikian artikel yang kami rangkum tentang Penyebab Sesak Napas saat Tidur dan Cara Mengatasinya. GESITPOKERLOUNGE