Penyebab Nyeri Ulu Hati Jangan Sepele

Penyebab Nyeri Ulu Hati Jangan Sepele

GESITPOKER LOUNGE, Penyebab nyeri ulu hati bisa jadi karena adanya masalah kesehatan tertentu. Nyeri ulu hati merupakan keluhan yang terjadi pada bagian tengah perut bagian atas, tepat di bawah tulang rusuk.

Nyeri ini sering dianggap sebagai gangguan ringan, namun penanganan yang tepat tetap harus dilakukan, Nyeri ulu hati sering terjadi bersamaan dengan gejala umum lainnya dari sistem pencernaan seperti kembung, heartburn, atau keluarnya gas.

Penyebab Nyeri Ulu Hati dan Cara Mengatasinya yang Benar, Jangan Anggap Sepele

Nyeri ulu hati bisa disebabkan oleh kondisi yang ringan maupun kondisi yang serius. Penyebab nyeri ulu hati perlu dikenali agar kamu bisa segera menanganinya dengan tepat.

Pasalnya, perawatan untuk nyeri di ulu hati juga tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Kamu juga perlu memperhatikan konsumsi makanan agar kesehatan senantiasa terjaga.

Makan berlebihan

Menyebabkan asam lambung dan isinya kembali ke kerongkongan. Makan berlebihan dapat menyebabkan heartburn dan refluks asam yang nantinya menjadi penyebab nyeri ulu hati.

Perut bersifat sangat fleksibel. Namun, makan lebih dari yang diperlukan menyebabkan perut mengembang melebihi kapasitas normalnya. Jika perut membesar secara signifikan, itu dapat memberi tekanan pada organ-organ di sekitar perut dan menyebabkan nyeri di ulu hati.

Tekanan ini dapat menyebabkan rasa sakit di usus, sulit bernapas karena paru-paru memiliki ruang lebih sedikit untuk mengembang akibat terlalu banyak makan.

Alkohol

Minum alkohol dalam jumlah besar atau dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan lapisan perut meradang. Peradangan ini juga dapat menjadi penyebab nyeri ulu hati dan masalah pencernaan lainnya. Peradangan jangka panjang bisa menyebabkan perdarahan. Minum terlalu banyak juga dapat menyebabkan kondisi seperti gastritis, pankreatitis, dan penyakit hati.

Intoleransi laktosa

Terjadi ketika tubuh kesulitan mencerna latkosa yang biasa di temukan dalam produk susu. Intoleransi laktosa sering berkembang ketika tubuh tidak memiliki cukup laktase dalam tubuh. Enzim ini penting dalam memecah gula laktosa.

Nyeri Ulu Hati akibat Asam Lambung, Atasi dengan Ini!

Menjadi penyebab nyeri di ulu hati. Gejala lain intoleransi laktosa dapat meliputi sakit perut, kram dan kembung, gas, mual atau muntah, dan diare.

Gangguan kandung empedu

Masalah dengan kantong empedu juga dapat menyebabkan nyeri di ulu hati. Batu empedu mungkin menghalangi pembukaan kantong empedu. Kondisi ini juga bisa di sebabkan oleh peradangan pada kantong empedu.

BACA JUGA : Meja Genap Siap Cairkan WD Besar Dalam Waktu Singkat !

Gejala-gejala spesifik dari kantong empedu dapat meliputi nyeri hebat di dekat sisi kanan atas perut setelah makan, tinja berwarna tanah liat, tubuh menguning, hilangnya nafsu makan, gas dan kembung.

Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati di Rumah

Memperhatikan pola makan

Cara mengatasi nyeri ulu hati yang paling penting adalah mengatur pola makan. Kamu di anjurkan untuk membiasakan makan dalam porsi kecil, tetapi lebih sering untuk mencegah peningkatan asam lambung berlebih.

Konsumsi makanan sehat

Selain itu, saat mengalami nyeri ulu hati kamu bisa mengonsumsi makanan yang ringan dan makanan sehat, seperti buah-buahan serta sayuran. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol, berkafein, dan makanan yang dapat mengiritasi perut.

Mengonsumsi obat

Cara mengatasi nyeri ulu hati berikutnya adalah dengan mengonsumsi obat. Mengonsumsi obat antasida bisa menetralkan asam lambung sekaligus mengurangi rasa sakit. Konsumsi obat ini setidaknya 1 jam setelah makan dan sebelum tidur.

Namun, sebaiknya kamu tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Segera periksakan diri ke dokter bila nyeri ulu hati tidak kunjung reda dan bertambah parah dalam beberapa minggu.

SUMBER BERITA : GESIT POKER ONLINE