Pengertian, Jenis-Jenis Dan Fungsi SD Card

GesitQQ Lounge – Tentu saja kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya SD Card atau yang sering kita sebut dengan kartu memori. SD carrd ini mempunyai ukurannya yang sangat kecil tetapi fungsinya sangat besar. Namun untuk para pemula mungkin masih sedikit kurang faham dengan apa itu SD carrd dan apa saja fungsinya. Untuk itu kami memberikan sedikit informasi mengenai SD carrd dan fungsinya.

Pengertian Sd Card atau Memori

SD Card atau kartu memori adalah alat yang di pakai untuk media penyimpanan data digital pada sebuah perangkat, contohnya gadget seperti kamera digital, PDA dan handphone, dll. Data digital tersebut dapat berupa gambar, audio, dan video. SD carrd ini mempunyai banyak ukuran mulai dari 128MB, 512MB, 1GB, 32GB, hingga 64 bahkan lebih.

Itulah pengertian SD cardd atau memori yang bisa anda ketahui. Tidak hanya itu saja, ternyata ada beberapa jenis-jenis SD carrd yang bisa anda ketahui.

Jenis-Jenis Sd Card

1 Memory Stick

Memori stick adalah salah satu jenis memory cardd yang di keluarkan oleh perusahaan SONY. Ini di terapkan di berbagai alat elektronik lainnya seperti handphone, camera DSLR, dll.

Ada dua macam memori stick yang bsia anda ketahui yaitu :

Memory Stick Pro dan Memory Stick Duo

Adalah sebuah angkatan kedua dari memory stick yang mempunyai peningkatan pada kecepatan dan juga kapasitas penyimpanannya.

Multimedia Card atau MMC

Memory Stick Micro (M2) menyuguhkan penyimpanan data yang lumayan besar hingga 8GB.

Memory Stick Micro M2

Multimedia Carrd atau MMC adalah kartu memori standar. Kartu memori seperti ini di pakai pada slot SD Carrd dan bentuknya pun lumayan besar di bandingkan dengan memori stick.

RS-MMC (Reduced Size Multimedia Carrd) adalah MMC angkatan selanjutnya. Memori ini mempunyai ukuran yang lebih kecil. Bisa di pakai pada slot SD Crd ataupun slot MMC, caranya dengan memakai adapter.

Secure Digital Card (SD Card)

SD Carrd mempunyai bentuk seukuran dengan MMC. SD Carrd memiliki kecepatan dalam mentransfer data. Pada SD Carrd ini terdapat sebuah switch yang berguna agar SD Carrd menjadi write protected. Memori seperti ini banyak di pakai pada kamera, komputer, dan handphone.

Mini SD

Ukuran mini SD ini sekitar setengah dari SD Carrd. Cara menggunkannya adalah dengan memasukkannya ke dalam SD Cardd atau MMC dengan memakai adapter.

  • Micro SD atau TransFlash

Ukuran mini SD ini sekitar setengah dari SD Carrd. Cara menggunkannya adalah dengan memasukkannya ke dalam SD Carrd atau MMC dengan memakai adapter.

  • XD Card

Merupakan sebuah memori yang telah di kembangkan oleh Olympus dan Fuji yang di pakai untuk berbagai alat dan produk kamera yang di keluarkan.

  • Compact Flash Card (CF Card)

Compact Flash Carrd atau yang biasa di sebut dengan CF Carrd adalah sebuah kartu memori yang saat ini paling umum di pakai dalam sebuah kamera digital. Memori ini mempunyai chip controller sehingga kecepatan transfer datanya paling cepat. Tidak hanya itu, memori jenis ini juga mampu menyimpan file data lain seperti text.

CF Memory ini mempunyai 2 ukuran yaitu Compact Flash tipe I (tebalnya 5mm) dan Compact Flash tipe II (tebalnya 3.3mm). Penyimpanannya yang lebih besar adalah Compact Flash tipe II.

  • Smart Media Card

Smart Carrd memiliki bentuk ukuran seperti Flash Carrd. Memori ini mampu di pakai untuk menyimpan berbagai macam file multimedia.

Sumber: Bermain Poker Berkualitas