Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangan Flashdisk

GesitQQ Lounge – Banyak sekali media penyimpanan eksternal yang dapat menyimpan berbagai format data secara permanen yang beredar pada saat sekarang ini. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu media penyimpanan yang berukuran kecil dan mampu menyimpan data dengan kapasitas yang cukup besar yaitu flashdiskk.

Untuk itu silahkan lihat urainnya berikut ini :

Pengertian Flashdisk

Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data eksternal yang di hubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Flashdisk dapat menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdiskk di putuskan. Ini terjadi karena di dalam flash disk terdapat sebuah controller dan memori yang mampu menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik yang ada pada flashdiskk sudah di putuskan oleh user.

Kelebihan dan kekurangan Flashdisk

Kelebihan flashdisk

1.   Flashdisk memiliki kapasitas penyimpanan data yang cukup besar.

2.   Memiliki ukuran yang kecil dan cara penggunaanya yang simple.

Sebuah flashdiskk dapat berumur 10 tahun jika cara penggunaannya tepat. Cara penggunaan yang saya maksud di sini ialah menghindari pencabutan flashdiskk secara paksa karena dapat menyebabkan data yang di simpan dan tulis flashdiskk menjadi rusak, sehingga data pada flashdiskk tidak dapat di buka lagi.

3.   Flashdisk memiliki harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan baik untuk anak sekolahan maupun orang umum sekalipun.

Kekurangan flashdisk

1.   Mudah hilang karena ukurannya yang kecil.

2.   Saat terletak di dalam kantong pada baju atau celana ada kemungkinan terendam air saat anda lupa mengeluarkannya dari saku tersebut.

Fungsi Flashdisk

Flashdiskk memiliki fungsi untuk menyimpan dan memindahkan data dalam berbagai format dalam kapasitas yang cukup besar.

Anda juga bisa menggunakan flashdiisk untuk menjalankan aplikasi dan sistem operasi portable.

Flashdiskk juga dapat digunakan untuk media instalasi sistem operasi baru untuk komputer anda tanpa menggunakan DVD sebagai media instalasinya.

Itulah sedikit pembahasan dari saya mengenai pengertian dan fungsi flashdiskk. Mohon maaf jika ada kesalahan atau pun kekurangan pada pembahasan materi di atas.

Sumber: Bermain Poker Berkualitas