Peluang Bisnis Dalam Sektor Pertanian

gesitQQLOUNGE – Tidak bisa disangkal pertanian merupakan bidang yang banyak dimanfaatkan sebagai mata pencaharian masyarakat Indonesia. Inilah Peluang bisnis dalam bidang pertanian yang sangat menguntungkan.

Sektor pertanian sangat memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Selain secara konsisten berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan pendapatan devisa, sektor pertanian mampu menyediakan lapangan kerja untuk lebih dari 13 juta penduduk di Indonesia (Susila dan Dradjat, n.d.). Hingga sampai sekarang sektor pertanian juga menjadi salah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar di Indonesia.

Saat ini sudah semakin banyak masyarakat Indonesia baik di pedesaan maupun di kota besar yang menjalankan bisnis pertanian khususnya dalam bisnis tanaman, perkebunan dan peternakan. Daya keanekaragaman hayati yang melimpah dan tersebar di aneka wilayah Indonesia merupakan potensi usaha pertanian terhadap perekonomian Indonesia. Dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, Indonesia memiliki potensi tanah garapan yang sangat luas dan dapat menyerap tenaga kerja yang mempunyai andil dalam peningkatan pendapatan nasional (Rofiqi et al., 2018).

Tanaman Pangan

Tanaman pangan merupakan salah satu sub sektor pertanian yang mempunyai mutu ekonomi dan nilai tambah yang dapat jauh dikembangkan karena lebih besar dibandingkan komoditas lain. Dengan memiliki peran yang strategis, komoditas tanaman dapat berupaya dalam pemenuhan ketersediaan pangan untuk menaikkan ketentraman para petani dan memberikan peluang kerja.

Makanan pokok adalah salah satu bagian untuk menunjang keberhasilan proses pembangunan nasional (Theresia Lete Boro, Maria T. L Ruma, Siprianus R. Toly, 2020)

Prospek Bisnis Tanaman Pangan

Bisnis tanaman pangan mempunyai peluang yang besar dalam kewirausahaan, karena bahan pangan adalah kebutuhan utama manusia, oleh karena itu bisnis tanaman pangan pasti akan selalu memiliki konsumen.

Di samping itu produk tanaman pangan juga merupakan bahan konsumsi utama pangan di Indonesia dan melibatkan.

tenaga kerja tertinggi dalam kegiatan produksi.

Oleh karena itu, kegiatan berbisnis tanaman merupakan bisnis yang sangat mudah untuk dilakukan, karena tanpa lahan yang luas kegiatan bisnis tanaman sangat menguntungkan.

Begitu juga dengan peluang berbisnis budidaya tanaman, yang saat ini semakin terbuka lebar.

Perkebunan

Berbisnis dalam dunia perkebunan merupakan bisnis yang juga memiliki peluang besar seperti berbisnis tanaman pangan. Sektor perkebunan memiliki peran besar di dalam mengembangkan sektor pertanian. Oleh karena itu, pengembangan sektor perkebunan mempunyai tujuan utama yaitu meningkatkan mutu dan produksi (Lutfiadi, 2010). Sekarang ini, sektor perkebunan menjadi pendorong pembangunan nasional karena memiliki dukungan komponen impor yang rendah, sumber daya yang banyak dan orientasi ekspor yang dapat mengeluarkan devisa non migas dalam jumlah yang besar (Ismoyo et al., 2018).

Banyak sekali komoditi perkebunan yang unggul di Indonesia, seperti kelapa sawit, aren, kopi, teh, kakao dan masih banyak yang lainnya. Dari masing-masing komoditi perkebunan memiliki cara penanaman yang berbeda-beda. Dan hasil perkebunan di Indonesia sudah banyak di ekspor ke berbagai macam negara. Oleh sebab itu, berbisnis perkebunan juga mempunyai untung yang besar apabila bisa melakukan dan mengerti bagaimana cara memanfaatkan kebun yang ada.

Peluang Dan Tantangan Berbisnis Perkebunan

Salah satu perkebunan ialah tanaman aren. Tanaman aren atau enau merupakan palma yang penting dan juga tanaman yang sangat berguna setelah kelapa (Wikipedia, 2021).

Peternakan

Peternakan merupakan usaha pengembangbiakkan dan pemeliharaan hewan ternak. Sektor peternakan adalah kegiatan di sektor ekonomi dari jenis sumber daya alam hayati dengan menjadikan salah satu sumber daya alam biotik yaitu hewan.

Prospek Bisnis Peternakan

Sapi potong adalah salah satu hewan ternak penghasil daging.

Peluang sapi potong lokal masih belum dimanfaatkan secara optimal melewati manajemen pemeliharaan (Suryana, 2009).

Ternak sapi potong sangat berpeluang besar meraih keuntungan, sebab pertumbuhan dan harganya lebih baik dari sapi biasa.Selain menghasilkan daging, bisnis peternakan dapat menghasilkan sekaligus produk sampingan berupa limbah ternak.

Simpulan

Sektor pertanian sangat memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Daya keanekaragaman hayati yang melimpah dan tersebar di aneka wilayah Indonesia merupakan potensi usaha pertanian terhadap perekonomian Indonesia.

Menjalankan bisnis tanaman pangan mempunyai peluang yang besar dalam kewirausahaan, karena bahan pangan adalah kebutuhan pokok manusia.Begitupun dalam sektor perkebunan dan peternakan yang juga memiliki peran besar di dalam pengembangkan sektor pertanian. Dari masing-masing sektor memiliki upaya untuk memajukan pertanian Indonesia hingga mancanegara. Dalam berbisnis perkebunan dan peternakan juga mempunyai tantangan yang berbeda dalam menjalankannya.