Manfaat dan Resep Membuat Olahan Kentang untuk Diet

Olahan Kentang untuk Diet

gesitQQLOUNGE – Mengonsumsi kentang selama diet di percaya bisa membantu mempercepat proses penurunan berat badan. Selain itu, kentang sering di jadikan pengganti nasi karena sama-sama mengandung karbohidrat.

Meskipun kaya akan karbohidrat dan mengenyangkan, kentang memiliki lebih banyak nutrisi daripada nasi. Yakni serat, vitamin B6, C, mineral, zat besi, dan fitokimia yang membantu menangkal penyakit.

Namun demikian, mengolah kentang untuk diet juga tidak boleh sembarangan agar kandungan gizinya tak hilang dan tetap menyehatkan. Bahkan di haruskan untuk menghindari bahan tambahan yang tinggi lemak.

Manfaat Kentang untuk Diet

Ilustrasi memasakFoto: Pixabay/condesign
Ilustrasi manfaat kentang bagi kesehatan

Tidak hanya memiliki nutrisi, diet rendah karbo dengan mengonsumsi olahan kentang mempunyai ragam manfaat, berikut penjelasannya yang di kutip dari Healthline

1. Bebas Gluten

Kentang termasuk jenis makanan yang aman di konsumsi untuk diet. Bahkan kandungan alami dari kentang itu sendiri di klaim sudah terbebas dari gluten.

2. Mengontrol Gula Darah

Pati resisten yang ada dalam kentang mampu meningkatkan kontrol gula darah, di karenakan pati ini sifatnya akan sepenuhnya di serap oleh tubuh.

3. Mengenyangkan

Kaya akan nutrisi dan bergizi, konsumsi kentang untuk diet juga bisa mengenyangkan dan membantu menekan nafsu makan karena mengandung proteinase inhibitor 2.

4. Mengandung Antioksidan

Kentang juga memuat senyawa flavonoid, karotenoid, asam fenolik, yaitu antioksidan yang berfungsi untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh.

5. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Kalau sebelumnya pati resisten dapat mengontrol gula darah, kegunaan lainnya ternyata bisa menjaga kesehatan pencernaan.