Nomor Telepon Pengguna WhatsApp Terungkap di Mesin Pencarian Google

GesitQQ Lounge – Nomor Telepon Pengguna WhatsApp Terungkap di Mesin Pencarian Google WhatsApp diterpa soal privasi pengguna di mana mereka sepertinya tak sengaja mengungkapkan nomor telepon penggunanya dalam daftar pencarian di Google.
Isu ini sebenarnya sudah ditemukan oleh WABetainfo pada awal tahun ini dan sekarang baru terungkap kembali setelah seorang peneliti keamanan Athul Jayaram meengungkapkan bahwa nomor telepon pengguna WhatsApp yang menggunakan fitur Click to chat munucl dalam pencarian Google.

Menurut Jayaram, masalah ini muncul karena WhatsApp tidak meminta Google untuk mengabaikan pengindeksan tautan tertentu yang berisikan nomor telepon.

Ia mengklaim bahwa Google menyediakan alat untuk administrator web yang memungkinkan mereka untuk membiarkan sistem mesin pencari seperti Google tahu bahwa mereka harus mengabaikan pengindeksan tautan tersebut dan sebagai hasilnya nomor telepon pengguna WahtsApp yang terdaftar pun muncul.

Nomor Telepon Pengguna WhatsApp Terungkap di Mesin Pencarian Google

Untungnya, WhatsApp segera telah memperbaiki masalah ini, meskipun tampaknya Jayaram tidak akan mendapatkan hadiah untuk penemuannya tersebut.

“Meskipun kami menghargai laporan peneliti ini dan menghargai waktu yang ia ambil untuk membagikannya kepada kami, itu tidak memenuhi syarat untuk hadiah karena hanya berisi indeks mesin pencari dari URL yang dipilih pengguna WhatsApp untuk dipublikasikan” ujar juru bicara WatsApp

“Semua pengguna WhatsApp, termasuk bisnis, dapat memblokir pesan yang tidak diinginkan dengan menekan sebuah tombol.” lanjutnya.

Sumber : Permainan Kartu Berkualitas