Misteri Dibalik Keindahan Danau Toba Menyimpan Cerita Mistis

GESITQQ LOUNGE Misteri Dibalik Keindahan Danau Toba Menyimpan Cerita Mistis Danau Toba adalah sebuah keajaiban alam yang sangat menakjubkan. Danau ini di perkirakan terbentuk dari letusan dahsyat sebuah gunung api, Gunung Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu.

Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan daripada danau.

Di tengah danau vulkanik terbesar di dunia ini juga terdapat sebuah pulau yang berukuran cukup besar yaitu Pulau Samosir.

Dari sekian banyak danau di Indonesia, Danau Toba di Sumatera Utara adalah yang paling tersohor. Di nobatkan sebagai danau terbesar.

Yang menarik dari Danau Toba gak cuma soal keindahan alamnya saja. Ada sederet kisah mistis dan mitos lawas yang seru untuk disimak.

Apalagi pasca tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun pada pertengahan Juni lalu, mitos tentang ikan mas raksasa penunggu Danau Toba kembali muncul ke permukaan.

Mitos ikan mas Ada 5 kisah mistis lain yang gak kalah menarik. Mau tahu cerita selengkapnya?

Mitos ikan mas raksasa

Misteri Dibalik Keindahan Danau Toba Menyimpan Cerita Mistis

Asal mula terbentuknya Danau Toba bisa di tinjau dari penelitian ilmiah dan kisah mitologi. Jika merujuk pada hasil riset para peneliti, danau sedalam 505 meter ini terbentuk dari letusan gunung berapi supermasif yang terjadi sekitar 70.000 tahun lalu.

Tapi menurut mitos, Danau Toba tercipta akibat seorang laki-laki nggak menepati janjinya pada sang istri.

Dahulu kala seorang laki-laki bernama. toba memancing di sungai sambil menggumam, ingin memiliki istri dan anak agar hidupnya nggak lagi

Tiba tiba kail pancingnya di sambar ikan mas. Besar yang gemuk toba langsung berhenti. Memancing dan membawa pulang ikan itu untuk dimasak.

Sesampainya di rumah, ikan mas tadi berubah menjadi sesosok perempuan cantik rupanya ia di kutuk oleh ayahnya karena menolak perjodohan.

Singkat cerita mereka menikah dan memiliki seorang anak laki-laki bernama Samosir. Pada suatu hari Samosir melahap habis jatah makan siang ayahnya. Toba yang kelaparan marah besar sambil mengatainya “Dasar anak ikan!”.

Mengetahui ucapan suaminya, sang istri marah besar lalu mendatangkan petir dan hujan badai. Seluruh desa tenggelam dan jadilah Danau Toba.

Sang istri Kembali menjelma jadi ikan mas raksasa yang di yakini Keberadaannya hingga kini. GESITQQ ONLINE

Asal-usul Pulau Samosir

Misteri Dibalik Keindahan Danau Toba Menyimpan Cerita Mistis
Misteri Dibalik Keindahan Danau Toba Menyimpan Cerita Mistis

Pada kisah asal-usul Danau Toba anak laki-laki Toba yang bernama Samosir di perintahkan lari ke atas bukit oleh sang ibu.

Jadi ketika desa di tenggelamkan samosir selamat karena. Air hanya menyentuh lereng bukitnya saja.

Dataran tinggi tempat Samosir menyelamatkan diri berada di tengah Danau Toba. Yang kini di kenal sebagai Pulau Samosir.

Menurut para tetua di sekitar. Danau Toba sosok Samosir juga menjelma jadi penunggu danau yang sesekali menampakkan diri.

Salam wajib Santabi Oppung

Rute tanjakan berliku harus di tempuh para wisatawan yang ingin mengunjungi Danau Toba. Kabarnya tanjakan ini menyembunyikan gua di bawah permukaan tanah yang. Di huni para makhuk gaib penunggu jalan.

Warga setempat percaya mengucapkan salam “Santabi oppung” adalah bentuk penghormatan kepada para penunggu tersebut.
Mitos ini terus lestari turun temurun hingga sekarang.

Penunggu gubuk pengasingan Bung Karno

Di tepian Danau Toba berdiri sebuah wisma megah yang di fungsikan untuk singgah para tamu kehormatan pemerintah provinsi Sumatera Utara.

Nggak banyak yang tahu bahwa sebuah gubug reyot pernah berdiri di tempat yang sama, sebagai cikal bakal wisma megah ini.

Gubuk itu di jadikan tempat istirahat bung karno selama 22 hari pengasingan.
Lalu di biarkan terbengkalai. Selama puluhan tahun dan baru di renovasi oleh pemerintah di tahun 2000 an.

Karena jarang di huni. wisma ini di jaga seorang penunggu yang di percaya warga bersemayam di ruang pertemuan.

Kadang. Terdengar langkah kaki. Bersepatu dan suara aneh.
Di ruang inilah lokasi berdirinya gubug. Bung Karno sebelum renovasi.

Mitos Begu Ganjang

Ada sosok menakutkan dari mitos Danau Toba. Begu Ganjang namanya makhluk gaib ini masih di percaya keberadaannya oleh warga hingga saat ini. Begu Ganjang di kenal sebagai sosok pencabut nyawa berambut panjang.

Nggak semua orang bisa melihat Begu Ganjang. Tapi jika ada yang berhasil melihat sosok tinggi besar dengan rambut panjang di kepalanya, hati-hati jangan sampai terlena. Bisabisa ia terkena penyakit. bahkan sampai meninggal dunia.

Sosok naga penjaga danau

Selain keberadaan ikan mas. Raksasa saat tragedi tenggelamnya KM Sinar bangun pada.
Pertengahan Juni lalu juga beredar cerita soal naga penunggu danau.

Warga dan tetua sekitar mempercayai sosok naga itu sebagai perwujudan Samosir, anak Toba yang selamat saat desa tenggelam. Misteri Dibalik Keindahan Danau Toba Menyimpan Cerita Mistis