Mengintip 2 Dekade Persaingan Pembalap Italia dan Spanyol

GESITPOKER LOUNGE
Mengintip 2 Dekade Persaingan Pembalap Spanyol dan Italia mendominasi gelar juara MotoGP pada dua dekade terakhir. Pembalap itu di antaranya Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo.

Kehadiran sosok Valentino Rossi pada awal dekade pertama menandai dominasi pembalap Italia di MotoGP. Hanya ada Nicky Hayden dan Casey Stoner yang mampu memutus dominasinya.

Pembalap Amerika Serikat dan Australia itu meraih gelar juara dunia pada 2006 dan 2007. Setelah itu, gelar juara dunia kembali ke tangan Valentino Rossi.Mengintip 2 Dekade Persaingan

Pada 2010, The Doctor hengkang ke Ducati. Hal ini menandai pergeseran dominasi pembalap Italia ke pembalap Spanyol. Sebab, Valentino Rossi mengalami berbagai kendala selama menggunakan motor Ducati. Kebetulan mereka sedang melakukan berbagai pengembangan saat itu.

Kepindahan Rossi membuat di rinya kehilangan gelar juara dunia. Jorge Lorenzo dan Marc Marquez mengambil alih dominasinya. Pembalap Spanyol secara beruntun meraih gelar juara dunia pada 2012—2020.Mengintip 2 Dekade Persaingan

1. Generasi pembalap Italia 

Mengintip 2 Dekade Persaingan Pembalap Italia dan Spanyol

Semenjak Valentino Rossi menduduki takhta terakhir MotoGP 2009, tidak ada pembalap Italia yang mampu meraih gelar juara dunia lagi. VR46 Riders Academy kemudian menjadi satu alternatif untuk menjawab tantangan itu.

The Doctor mengatakan bahwa tujuan di bangunnya akademi adalah untuk melahirkan pembalap dari Italia yang mampu bersaing di MotoGP. Francesco Bagnaia dan Franco Morbidelli, yang saat ini berkarier di MotoGP, menjadi contoh dua sosok pembalap yang mengenyam pendidikan di akademi VR46.

Melalui berbagai program latihan, The Doctor berperan sebagai teman para pembalap muda Italia sekaligus guru untuk bertukar pengalaman. Ini di sambut dengan baik oleh para pembalap dari Italia.

“Saya sangat senang memiliki kesempatan ini. Bagi saya, Rossi adalah idola,” ujar Marco Bezzechi, salah satu pembalap Italia yang membela Mooney VR46 Racing Team, di kutip situs MotoGP.

Ada tujuh pembalap Italia di barisan MotoGP 2022. Mereka adalah Luca Marini, Marco Bezzecchi, Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio, Francesco Bagnaia, Franco Morbidelli, dan Andrea Dovizioso. Hanya Andrea Dovizioso yang umurnya di atas 30 tahun, sisanya masih berumur di bawah 30 tahun.

2. Komposisi pembalap Spanyol 

Mengintip 2 Dekade Persaingan Pembalap Italia dan Spanyol

Pembalap Spanyol mendominasi barisan MotoGP 2022. Sembilan pembalap turun di kelas utama. Mereka adalah Maverick Vinales, Raul Fernandez, Joan Mir, Alex Rins, Jorge Martin, Alex Maquez, Marc Marquez, Pol Espargaro, dan Aleix Espargaro.

Di antara kesembilan pembalap itu, hanya Espargaro bersaudara yang umurnya di atas 30 tahun. Walaupun umur tidak menjamin prestasi pembalap, para pembalap muda memiliki lebih banyak kesempatan untuk memiliki karier gemilang.

Bibit muda pembalap Spanyol sendiri di hasilkan melalui program kompetisi. Dani Pedrosa, legenda MotoGP, merupakan sosok pertama dari program ini. Ia dahulu di proyeksikan Alberto Puig untuk masuk ke MotoGP.

3. Spanyol mendominasi MotoGP di tiga kelas berbeda

Mengintip 2 Dekade Persaingan Pembalap Italia dan Spanyol

Pembalap Spanyol mendominasi setiap kelas di ajang Grand Prix: Moto3, Moto2, dan MotoGP. Momen ini terjadi pada 2013 dan 2014.

Marc Marquez berstatus rookie di MotoGP pada 2013. Kendati begitu, ia mampu menunjakan performa terbaik dengan menyabet gelar juara dunia pembalap.

Pol Espargaro, yang saat ini menjadi rekan satu tim Marc Marquez, juga tidak kalah berprestasi saat itu. Ia meraih juara dunia pembalap di kelas Moto2.

Sementara, Maverick Vinales memperlihatkan performa apik pada 2013 dengan menyabet gelar juara dunia Moto3. Marc Marquez, di sisi lain, berhasil mempertahankan gelar juara MotoGP dunia setahun setelahnya.

Untuk kelas Moto2 2014, Esteve Rabat Rabat menjadi nama yang bersinar. Ada pula Alex Marquez, adik Marc Marquez, yang berprestasi di Moto3.

4. Pembalap dari negara lain jadi produk kompetisi

Mengintip 2 Dekade Persaingan Pembalap Italia dan Spanyol

Pembalap dari negara lain juga mengisi jajaran pembalap MotoGP 2022. Mereka adalah Johann Zarco (Prancis), Fabio Quartararo (Prancis), Jack Miller (Australia), Remy Gardner (Australia), Miguel Oliveira (Portugal), Takaaki Nakagami (Jepang), dan Brad Binder serta Darryn Binder (Afrika Selatan).

Upaya Dorna memproyeksikan pembalap berbakat di implementasikan melalui berbagai dukungan di kompetisi rendah. Red Bull Rookies Cup, Asia Talent Cup, dan British Talent Cup, misalnya, menjadi bentuk upaya memunculkan sosok baru di MotoGP.

Johann Zarco, Miguel Oliviera, dan Brad Binder merupakan pembalap MotoGP yang mengawali karier di Red Bull Rookies Cup. Mario Suryo Aji, pembalap Indonesia yang saat ini berlaga di Moto3, juga merupakan alumnus Red Bull Rookies Cup.

5. Fabio Quartararo mematahkan dominasi Spanyol

Mengintip 2 Dekade Persaingan Pembalap Italia dan Spanyol

GESITPOKER REGISTER
Bila di perhatikan lebih jauh, sejak 1980-an, pembalap Amerika Serikat mendominasi gelar juara dunia hingga 1994. Dominasi itu kemudian di patahkan Mick Doohan dari Australia.

Sementara, pada 2021, kemenangan Fabio Quartararo mematahkan dominasi pembalap Spanyol. Ada kemiripan pola dengan apa yang di lakukan Mick Doohan saat mematahkan dominasi pembalap Amerika Serikat di MotoGP.

Pada 2022, MotoGP kembali menggelar balapan. Mari kita lihat persaingan MotoGP musim ini. Apakah pembalap Italia dan Spanyol kembali mendominasi?

SITUS BETTING TERPERCAYA & TERBAIK SEASIA !! TERIMA ALL BANK NATIONAL | VIRTUAL ACCOUNT | PULSA !! SITUS MUDAH MENANG JACKPOT ^^ BANYAK PROMO NYA : – BONUS ROLLINGAN 0.3% – BONUS REFFERAL 15% ADA BOCORAN MEJA HOKI(KHUSUS UNTUK MEMBER) LANGSUNG DAFTAR SEKARANG JUGA !!
Whatsapp : +62 813-8950-2583
gesitpkr.com

SITUS BETTING TERPERCAYA & TERBAIK SEASIA !! TERIMA ALL BANK NATIONAL | VIRTUAL ACCOUNT | PULSA !! SITUS MUDAH MENANG JACKPOT ^^ BANYAK PROMO NYA : – BONUS ROLLINGAN 0.3% – BONUS REFFERAL 15% ADA BOCORAN MEJA HOKI(KHUSUS UNTUK MEMBER) LANGSUNG DAFTAR SEKARANG JUGA !!
Whatsapp : +62 813-8950-2583
gesitpkr.com