Mengenal Susu Kecoa yang Disebut Bisa Jadi Alternatif Superfood

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2016 lalu menemukan bahwa kecoa bisa menghasilkan sebuah kristal protein yang kemudian dikenal sebagai susu kecoa.

Situs Gesit Indonesia –  Sebuah penelitian yang di lakukan pada 2016 lalu menemukan bahwa kecoa bisa menghasilkan sebuah kristal protein yang kemudian di kenal sebagai susu kecoa.
Penelitian ini kemudian memunculkan ide untuk membuat superfood dari susu kecoa demi memenuhi kebutuhan nutrisi manusia yang populasinya terus membengkak.

Sebagaimana di lansir Science Alert, kristal protein yang terletak di usus bagian tengah kecoa di sebut empat kali lebih bergizi dari susu sapi biasa. Meskipun sebagian besar kecoa tidak benar-benar menghasilkan susu, Diploptera punctata, salah satu jenis kecoa yang bisa melahirkan terbukti memompa sejenis ‘susu’ yang mengandung kristal protein untuk memberi makan bayinya.

BACA : Sinopsis ‘Man Who Sets the Table’, Keliling Dunia Mencari Jati Diri

Penelitian itu di terbitkan di Journal of the International Union of Crystallography yang menyebut bahwa susu kecoa juga mengandung protein dan asam amino yang berpotensi bermanfaat bagi kesehatan manusia. Meski terdengar sangat menjanjikan, dalam publikasi penelitian itu, para peneliti juga mengatakan hingga saat ini belum ada bukti bahwa susu kecoa aman di konsumsi manusia.

Sebenarnya, apa itu susu kecoa yang di gadang-gadang bisa menjadi super food tapi belum bisa di pastikan keamanannya?

Menurut laporan Healthline, sussu kecoa adalah zat kaya protein yang di produksi oleh jenis kecoa tertentu yang di sebut Diploptera punctata. Sussu kecoa di anggap sebagai sumber protein lengkap karena menyediakan sembilan asam amino esensial.

Fakta ini penting karena sebagian besar makanan non-daging kekurangan satu atau lebih dari sembilan asam amino esensial, itulah sebabnya susu kecoa menjadi populer sebagai alternatif susu non dairy.

Analisis laboratorium yang di lakukan pada 1977 menunjukkan sussu kecoa mengandung gizi yang cukup banyak.

45 persen protein
25 persen karbohidrat
16-22 persen lemak (lipid)
5 persen asam amino

Sussu kecoa adalah produk non dairy, secara alami bebas laktosa. Berarti bisa menjadi alternatif yang cocok untuk orang dengan intoleransi laktosa atau alergi terhadap susu sapi.

Susu kecoaa juga tinggi kalori, itu berarti jika di konsumsi berlebihan bisa meningkatkan berat badan. Bahkan, satu gelas sussu kecoa ukuran 250 ml mengandung sekitar 700 kalori. Itu berarti tiga kali lipat jumlah kalori dalam secangkir susu sapi biasa.

BACA : Pelawak Jimmy Gideon Meninggal Dunia

Selain itu, saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa sussu kecoaa aman di konsumsi manusia. Jadi populasi yang rentan, seperti anak-anak dan ibu hamil di sarankan untuk tidak mengonsumsinya.

Bukan susu yang mudah di peras

Meski terdengar menjanjikan, zat seperti susu yang ada di bagian tengah usus kecoa betina ini terbilang tidak mudah di dapatkan. Tentu saja, kecoa tidak seperti sapi yang susunya bisa di perah dengan mudah.

Cara termudah memanen susu kecoaa adalah dengan membunuh kecoaa betina dan embrionya begitu ia mulai menyusui untuk diambil kristal dari usus tengahnya. Salah satu penulis penelitian itu mengatakan sulit memproduksi susu kecoaa apalagi dalam jumlah yang banyak.

Agen Poker Terpercaya: Gesit Poker
WA Official 1 : +62 821-1486-3401

WA Official 2 : +62 813-6189-4300
Instagram : gesitpoker

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah A-New-Design-Made-with-PosterMyWall-1024x1024.jpg
SCAN BARCODE DAPAT JUTAAN RUPIAH!!