Manfaat Teh Untuk Tubuh Kita

Manfaat Teh Untuk Tubuh Kita

GESITPOKER Manfaat Teh Untuk Tubuh. 5 Manfaat Minum Teh Tawar Panas untuk Kesehatan.Minum teh tawar panas punya banyak manfaat sehat. Di tengah pandemi virus corona, minum teh tawar panas bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Teh tawar panas adalah minuman sederhana yang kaya khasiat. Banyak orang terbiasa mengawali hari dengan menyesap minuman ini. Teh tawar panas bisa diracik dari teh celup atau teh daun.

Jenisnya ada teh hitam dan teh hijau yang umum dikonsumsi di Indonesia. Menyeduhnya bisa mengikuti panduan yang disarankan agar manfaat sehat yang didapat maksimal.

Lantas mengapa lebih baik teh tawar panas? Ketiadaan gula membuat minuman ini tidak memiliki kalori. Tanpa gula juga teh sudah memiliki karakter aroma dan rasa asli yang patut dicicipi.

Nah, ketika Anda terbiasa minum teh tawar panas, ada sejumlah manfaat sehat yang bisa didapat. Mulai dari menurunkan berat badan sampai meningkatkan imunitas tubuh.

1. Turunkan berat badan

Teh tawar panas bisa membantu turunkan berat badan dalam beberapa cara. Pertama, ketiadaan pemanis seperti gula, krimer, atau susu membuat minuman ini ‘ramah’ untuk pelaku diet karena kalorinya hampir tak ada.

Pelaku diet bisa tak perlu khawatir saat mengonsumsi teh tawar panas lebih dari 1 cangkir. Kedua, teh tawar panas mempercepat metabolisme karbohidrat dan lemak seiring teh tersebut dimetabolisme tubuh. Hasilnya berat badan akan lebih cepat turun.

Untuk jenis teh terbaik dalam menurunkan berat badan, banyak orang mengandalkan teh hijau. Sebuah studi menunjukkan orang yang minum teh hijau bisa menurunkan 1-2 kg berat badan dalam 12 minggu. Hal ini karena teh hijau mengandung kafein dan flavonoid yang disebut katekin untuk membantu membakar lemak.

2. Cegah kerusakan sel

Radikal bebas adalah ‘musuh’ kesehatan seseorang ketika jumlahnya berlebih atau tidak terkontrol. Radikal bebas bisa merusak sel-sel tubuh melalui reaktivitas kimia yang tinggi.

Di sisi lain, teh mengandung flavonoid yaitu senyawa alami yang terkenal karena sifat antioksidannya. Ketika rutin minum teh tawar panas, antioksidan berperan penting untuk tubuh.

Antioksidan bantu menetralkan radikal bebas sehingga tidak stabil. Antioksidan pun membantu memperlambat kerusakan sel. Hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

3. Sehatkan jantung

Manfaat minum teh tawar panas selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Sebuah studi yang dipublikasikan “Journal of the American Medical Association” tahun 2006 menyebut teh hijau bisa mengurangi risiko penyakit jantung sampai 26 persen.

Studi lain menyebut teh bisa mengurangi inflamasi yang picu risiko tinggi untuk sebabkan penyakit jantung. Konsumsi teh tawar panas bisa memperbaiki fungsi pembuluh darah sekaligus mengontrol pembekuan darah. Manfaatnya sirkulasi darah pun lebih sehat.

Selain teh hijau, teh hitam juga terbukti baik untuk jantung. Konsumsinya bisa mencegah serangan jantung Teh ini berasal dari tanaman Camelia sinensis. Sebaiknya dinikmati tawar atau bisa juga ditambah perasan air lemon untuk memberi asupan vitamin C.

4. Tingkatkan imunitas tubuh

Minum teh tawar panas jadi andalan banyak orang untuk mencegah flu dan pilek. Hal ini memang terbukti bermanfaat karena teh mengandung theanine.

Tiap cangkir teh setidaknya mengandung 20 mg theanine, asam amino yang bertanggung jawab untuk menciptakan sistem kekebalan tubuh. Minum teh tawar panas juga membuat Anda bisa berkeringat hingga merasa lebih bugar.

Untuk pilihan terbaik, Anda bisa coba paduan chamomile dan teh hijau. Kombinasi ini bisa membuat tubuh dan pikiran rileks. Sekaligus meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan penting untuk sistem kekebalan (imunitas) tubuh.

5. Jenis teh untuk imunitas tubuh

Tea Floor (30/3) mengungkap jenis-jenis teh tawar panas terbaik untuk meningkatkan imunitas tubuh selain teh hijau. Konsumsinya penting di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Teh hitam adalah yang pertama. Jenis teh ini mudah didapat dan manfaat sehatnya sangat banyak Perbedaan utama teh hitam dengan jenis teh lain adalah adanya kandungan potasium dan mangan, keduanya bekerja untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tanin pada teh hitam juga bisa melawan virus seperti flu, disentri, dan hepatitis.

Ada juga teh oolong yang lebih tinggi kafein. Kandungan catechin dalam teh oolong sangat penting dalam memerangi obesitas dan lemak liver. Studi juga menunjukkan konsumsi teh oolong bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan imunitas tubuh dengan sifatnya yang memompa metabolisme.

Baca Juga : Manfaat Bir Untuk Tubuh Kita