Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh

Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh

GESITPOKER Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat kacang merah untuk kesehatan Anda adalah mengendalikan gula darah serta berpotensi mencegah kanker usus besar. Tak hanya itu, kacang merah pun bisa Anda masukkan ke menu diet, karena para ahli juga menemukan khasiatnya untuk menurunkan berat badan.Berikut ini penjelasan lengkap mengenai manfaat kacang merah, untuk kebaikan tubuh Anda.

1. Mengendalikan kadar gula darah

Anda tentu sudah sangat paham, bahwa gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kondisi fatal bagi tubuh. Sehingga, menjaga dan melakukan pengecekan kadar gula darah, penting untuk dilakukan.Anda bisa menjaga kadar gula darah, dengan mengonsumsi kacang merah. Menurut ahli, kandungan protein, serat, dan karbohidrat yang dirilis lambat di dalamnya, bisa membantu tubuh mengontrol gula darah. Kacang merah memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga lebih lambat dalam menaikkan kadar gula darah.

2. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan bobot, memasukkan kacang merah ke dalam menu diet, bisa dilakukan. Sebab, banyak sekali penelitian ilmiah yang menemukan, konsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang merah, bisa membantu penurunanan berat badan.Kandungan nutrisi kacang merah, seperti protein, serat pangan, dan antinutrien, diperkirakan memberikan kontribusi positif tersebut. Selain itu, kacang merah juga mengandung sejenis protein, untuk memperlambat pencernaan karbohidrat, yang secara tidak langsung memberikan efek pengurusan berat badan.

3. Berpotensi mencegah kenaikan tekanan darah pada penderita hipertensi

Menurut penelitian, kulit kacang merah mengandung polifenol yang dapat melemahkan stres oksidatif vaskular dan peradangan selama perkembangan hipertensi pada tikus hipertensi secara spontan.

4. Mencegah kanker usus besar

Beberapa riset melalui pengamatan, riset pada hewan, dan penelitian uji tabung juga menemukan, potensi manfaat kacang merah untuk mencegah kanker usus besar. Kanker usus besar sendiri merupakan salah satu jenis kanker, yang umum terjadi secara global.Kacang-kacangan, seperti kacang merah, mengandung zat gizi seperti serat, yang memiliki potensi memberikan efek antikanker. Beberapa jenis serat di kacang merah, dapat difermentasikan oleh bakteri baik, yang hasilnya akan membentuk asam lemak serupa asam lemak rantai pendek (SCFA).SCFA dapat membantu menjaga kesehatan usus, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kacang merah diketahui dapat menjaga kesehatan jantung. Dalam 200 gram kacang merah, terkandung 46 gram serat yang telah melebihi jumlah serat yang Anda butuhkan per harinya, yaitu antara 25 – 30 gram.

Perlu diketahui, serat merupakan salah satu asupan yang penting dalam menjaga kesehatan jantung. Kacang merah juga memiliki kandungan kalium yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Kalium dapat membantu jantung Anda untuk berdetak dengan normal jika Anda memiliki masalah pada irama jantung. Jumlah asupan kalium idealnya adalah 4700 mg per hari.

Sedangkan di dalam 180 gram kacang merah, Anda bisa mendapatkan sekitar 2500 mg kalium. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kadar kalium ini sudah memenuhi 72 persen kebutuhan kalium harian Anda.

6. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil

Kacang merah mengandung nutrisi penting bagi kesehatan ibu serta janin selama masa kehamilan. Mulai dari protein, asam folat, dan zat besi bisa Anda dapatkan dari kacang merah. Saat hamil, wanita membutuhkan zat besi dan asam folat lebih banyak daripada sebelumnya. Kedua nutrisi ini di perlukan untuk membantu pertumbuhan bayi dan plasenta.

7. Mencegah penuaan dini

Manfaat kacang merah tidak hanya untuk mencegah berbagai penyakit, melainkan juga untuk menjaga keremajaan tubuh. Semakin gelap warnanya, maka semakin tinggi pula kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. GESITPOKERLOUNGE