Manfaat Daun Kecubung untuk Kesehatan

BERITA GESIT, Manfaat Daun Kecubung untuk Kesehatan. Daun kecubung di kenal sejak lama punya manfaat sebagai obat alami asma dan beberapa kondisi kesehatan lainnya. 

Pernah mendengar daun kecubung? Bukan sekadar tanaman liar, tanaman yang melimpah tumbuh di Indonesia ini ternyata memiliki beragam manfaat. Apa saja manfaat daun kecubung untuk kesehatan? Adakah kemungkinan efek samping penggunaannya? Untuk mengetahui jawabannya

Tanaman kecubung memiliki nama yaitu Latin Datura metel L. Tanaman dengan daun lebar dan bunga berbentuk terompet ini mungkin sering Anda temukan tumbuh liar di pekarangan atau kebun. 

manfaat daun kecubung

Meski memiliki stigma negatif sebagai tanaman yang membahayakan di masyarakat, kecubung ternyata juga memiliki potensi manfaat untuk kesehatan, terutama daunnya. GESIT QQ

Manfaat Daun Kecubung untuk Kesehatan

1. Mengatasi asma 

Daun kecubung telah lama populer sebagai obat asma alami. Bukan tanpa alasan, ekstrak Datura metel L. ini di ketahui memiliki senyawa atropin yang bersifat anti-asma. 

Dalam pengobatan Ayurveda, daun kecubung biasanya di isap menggunakan pipa atau di buat selayaknya rokok untuk meredakan asma.

2. Mengatasi rabies 

Rabies adalah penyakit mematikan yang menyerang otak dan sistem saraf. Penyakit zoonosis ini terjadi akibat infeksi virus yang di tularkan dari hewan terinfeksi ke manusia melalui gigitan hewan. 

Bahwa ekstrak kecubung memiliki sifat antivirus yang mampu melawan berbagai infeksi virus

3. Membantu pengobatan penyakit kronis  

Penyakit kronis seperti diabetes, stroke, aterosklerosis, kanker, dan penyakit jantung sering di kaitkan dengan adanya stres oksidatif dan pengaruh radikal bebas dalam tubuh. 

Salah satu senyawa yang berperan penting memerangi stres oksidatif dan radikal bebas adalah antioksidan. 

Ekstrak daun kecubung merupakan salah satu tanaman dengan kandungan fitokimia yang bersifat antioksidan. Sifat antioksidan ini berasal dari senyawa fenolik seperti flavonoid di dalamnya. 

4. Mengatasi masalah kulit  

Satu lagi manfaat Datura metel L. untuk kesehatan adalah mengatasi psoriasis. Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan dan penebalan kulit. 

Ekstrak tanaman kecubung terutama bunganya memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan dan di gunakan sebagai obat tradisional Tionghoa untuk pengobatan psoriasis. 

5. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat lain daun kecubung adalah mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS), pankreatitis, dan masalah perut lainnya. 

6. Mengatasi mabuk perjalanan

Daun kecubung juga bisa di gunakan sebagai obat mabuk perjalanan. Ekstrak daun kecubung dalam bentuk patch yang di tempel di kulit bisa membantu mengatasi mabuk perjalanan karena kandungan senyawa skopolamin di dalamnya.