Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

GESITPOKER Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan. Manfaat buah pisang bagi kesehatan sangat banyak. Mulai dari sehatkan jantung, gula darah, sampai bantu turunkan berat badan!

Pisang jadi buah favorit orang Indonesia untuk dikonsumsi sehari-hari. Sifatnya yang praktis membuat pisang biasa dijadikan bekal atau disantap sambil melakukan aktivitas lain.

Selain kepraktisannya, pisang juga memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Tak heran, ada segudang manfaat buah pisang bagi kesehatan.

1. Nutrisi pisang

Pisang mengandung banyak zat gizi dan tanpa kandungan lemak. Pisang dengan ukuran sedang mengandung 110 kalori dengan 0 lemak.

Buah Pisang terkenal dengan kadar potasiumnya, tetapi banyak vitamin dan mineral lain juga ada. Pisang mengandung sumber B6 dan serat signifikan, yang berperan penting untuk kesehatan tubuh seperti mengurangi kolesterol dan menyeimbangkan mood,” kata ahli gizi Lisa Richards.

Berikut nutrisi pada satu buah pisang ukuran sedang: protein sebanyak 1 gram, karbohidrat 28 gram, gula 15 gram, serat 3 gram, potasium 450 miligram, magnesium 32 miligram, vitamin C 10,3 miligram, dan vitamin B6 sebanyak 0,4 miligram.

2. Membantu Mengatur Gula Darah

Anggapan bahwa penderita prediabetes dan diabetes harus mengurangi konsumsi buah-buahan manis sebenarnya hanyalah mitos. Selama tetap menjaga asupan karbohidrat, buah-buahan manis tidak berdampak besar terhadap peningkatan gula dalam darah.

Pisang mengandung pektin dan pati resisten yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Lisa mengungkapkan, serat dalam pisang mampu meningkatkan sensasi rasa kenyang dan mencegah seseorang makan berlebih, serta memperlambat proses pencernaan.

3. Menyehatkan Jantung

Kadar sodium yang terlalu sedikit dalam darah akan membuat aliran dan volume darah meningkat. Hal ini yang kemudian akan menyebabkan naiknya tekanan darah dan meningkatnya risiko serangan jantung.

Kandungan potasium yang cukup tinggi pada pisang akan menyeimbangkan kadar sodium dalam darah. Pada tahun 2017 ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi potasium dapat mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah akan membuat kenyang lebih lama. Kombinasi pektin dan pati resisten dalam pisang, salah satunya, akan membantu memperlambat rasa lapar yang kemudian akan membantu mengurangi konsumsi kalori.

Untuk mengontrol berat badan, pisang yang masih hijau akan lebih efektif. Jenis pisang ini mengandung pektin dan pati resisten yang lebih banyak dibanding pisang yang sudah sangat matang.

5. Baik Untuk Pencernaan

Pisang yang masih belum terlalu matang mengandung pektin dan pati resisten yang dapat mencegah konstipasi dan melancarkan pencernaan.

Kandungan serat yang mudah larut pada pisang juga dapat menyerap dan memproses nutrisi dan membersihkan racun-racun pada saluran pencernaan. Serat pada pisang ini juga akan melunakkan kotoran sehingga akan lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh.

Namun yang perlu diperhatikan adalah pisang yang terlalu matang akan berdampak buruk bagi pencernaan, salah satunya menyebabkan diare. Hindari pemberian pisang terutama untuk bayi yang masih sensitif pencernaannya. Itu tadi manfaat buah pisang bagi kesehatan yang perlu kamu tahu. GESITPOKERLOUNGE