Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan . Meskipun terlihat kecil, makanan yang berupa biji-bijian memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Apalagi dengan banyaknya orang yang mulai memperhatikan kesehatan. Biji-bijian menjadi salah satu makanan yang berguna untuk menunjang pola hidup yang baik tersebut. GESITPOKER LOUNGE

Begitu juga dengan biji selasih. Biji hitam yang biasa digunakan untuk campuran minuman ini juga memiliki manfaat kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Memiliki nama ilmiah Ocimum basilicum, tanaman yang menjadi sumber biji selasih ini ternyata juga memiliki banyak kegunaan dan manfaat, salah satunya yaitu sering dijadikan sebagai rempah-rempah.

Berikut Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat biji selasih yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan mata. Biji selasih memiliki kandungan vitamin A dalam jumlah yang besar. Jika anda memiliki masalah dengan penglihatan, atau tingkat stres oksidatif yang tinggi, disarankan untuk mengonsumsi biji selasih.

Vitamin A yang ada pada biji selasih berperan sebagai antioksidan kuat untuk retina, dan juga dapat mencegah perkembangan katarak serta memperlambat timbulnya degenerasi makula.

Menyehatkan Tulang

Manfaat biji selasih yang kedua adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Biji selasih mengandung berbagai mineral seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, kalsium, dan magnesium. Seluruh mineral tersebut bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

Manfaat biji selasih ini tentunya sangat penting karena dengan menjaga kekuatan dan kepadatan tulang menjadi langkah penting untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis. Selain itu, tulang yang sehat dan padat juga akan membuat tubuh tetap kuat seiring bertambahnya usia.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat biji selasih yang ketiga yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh anda sangat membutuhkan antioksidan. Dan salah satu antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah polifenol. Zat inilah yang terdapat pada biji selasih. Sehingga, biji selasih juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengonsumsi biji selasih secara rutin sebagai makanan atau suplemen, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan sendirinya. Daya tahan tubuh yang meningkat akan mengurangi peluang anda terkena penyakit.

Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat biji selasih yang keempat adalah berguna untuk menjaga sistem pencernaan. Saluran pencernaan merupakan salah satu organ yang rentan diserang oleh bakteri jahat. Biji selasih sendiri memiliki kandungan serat prebiotik yang disebut sebagai pectin.

Kandungan ini memiliki fungsi untuk meningkatkan bakteri baik dalam usus. Bakteri-bakteri baik ini nantinya akan membantu proses pencernaan serta mencegah penyakit pada saluran pencernaan akibat bakteri jahat.

Biji selasih juga bermanfaat untuk menunda pengosongan lambung dan meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa kenyang karena pektin tersebut. Selain menjaga sistem pencernaan, pektin yang ada di dalam biji selasih juga membantu mengendalikan nafsu makan, sehingga cocok untuk dimasukkan ke dalam menu diet.

Baca juga : 7 Naga Mitologi Paling Mengagumkan