Manfaat Anggur Laut untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Anggur Laut untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Anggur Laut untuk Kesehatan Tubuh

GESITPOKER | Tahukah anda Manfaat Anggur Laut atau yang memiliki nama latin Caulerpa Rasemosa merupakan salah satu jenis rumput laut yang punya banyak kegunaan. Yang termasuk dalam alga hijau ini ternyata tidak hanya bisa dijadikan sebagai bahan makanan, namun juga termasuk obat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, Manfaat Anggur Laut untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman laut jenis ini mengandung banyak nutrisi, hal tersebut yang membuat harga anggur laut ini mahal di pasaran.

Adapun bentuk dari alga ini yaitu seperti anggur yang kecil-kecil dan memiliki cabang yang tegak. Tekstur dari anggur ini renyah, berlendir dan sangat lembut jika dikonsumsi.

Anggur laut ada yang berwarna hijau terang dan hijau kebiruan. Warnanya tergantung dari kondisi air tempatnya tumbuh.

Habitat awalnya yaitu di laut namun sekarang sudah dibudidayakan di pertambakan selama air dikawasan tersebut terjaga dengan baik.

Cara pengolahannya pun lumayan mudah, hanya dicuci dengan air bersih dan bisa langsung dikonsumsi. Bisa juga direbus hingga matang.

Hanya saja, beberapa masyarakat masih asing dengan anggur laut ini. Lantas, apa saja manfaat anggur laut bagi kesehatan?

Manfaat Anggur Laut

Berikut empat manfaat anggur laut untuk kesehatan tubuh:

Menjaga Kecantikan Rambut dan Kulit

Antioksidan, vitamin, dan kolagen yang terkandung dalam anggur laut juga sangat baik untuk kecantikan kulit dan rambut.

Beberapa ahli nutrisi mengatakan bahwa jika rutin mengonsumsi anggur laut ini dapat membuat kulit terlihat lebih awet muda.

Kandungan lemak yang terdapat di Anggur ini yang dapat meningkatkan fluiditas sehingga dapat mencegah pori-pori membesar dan mengatasi kulit kering.

Sebagai Anti Depresan

Anggur laut mengandung vitamin B peridoksin atau lebih dikenal dengan nama B6 serta asam pantotenat atau vitamin B5.

Kedua vitamin ini akan berfungsi sebagai pengatur kelenjar adrenal supaya tidak cepat kehabisan tenaga dan terhindar dari rasa lelah serta depresi.

Mencegah Obesitas

Kandungan kadar gula dalam anggur laut sangat rendah namun tinggi akan kandungan protein nabati, vitamin C, seng, kalsium dan asam lemak tidak jenuh. Tidak heran, jika makanan ini berguna sebagai pencegah obesitas.

Selain itu, mengonsumsi anggur laut mampu sebagai anti sembelit. Karena kandungan gulanya yang rendah, sehingga membantu bakteri baik dalam sistem pencernaan untuk membuang sisa metabolisme yang tidak dibutuhkan.

Meningkatkan Kinerja Mata dan Jantung

Asam lemak yang terkandung dalam anggur laut seperti AA, LA, DHA, EPA dan juga ALA sangat berguna meningkatkan kinerja penglihatan, menurunkan kadar kolesterol, menjaga struktur kolagen dan mencegah penyakit jantung seperti infark, miokard, stroke dan aterosklerosis.

Itulah pembahasan tentang manfaat anggur laut, yang banyak tidak diketahui sehingga banyak orang tidak menyadari khasiat anggur laut.

Baca Juga : Manfaat Istirahat dan Tidur yang Cukup