Makanan Penghilang Stres yang Enak dan Menyehatkan

Makanan Penghilang Stres yang Enak dan Menyehatkan

GESITPOKER Makanan Penghilang Stres yang Enak dan Menyehatkan. Makanan penghilang stres ini cocok di konsumsi rutin oleh kamu yang sering kalut karena berbagai hal. Bonus lainnya, makanan ini punya banyak nutrisi baik.

Saat stres melanda, respons alami yang di lakukan seseorang adalah mencari cara untuk menghilangkannya. Dalam tahap ringan, stres bisa di atasi lewat cara alami.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ada beberapa makanan yang di beri label makanan penghilang stress oleh ahli gizi.

1. Ubi

Makanan penghilang stres ini mudah di dapat dan harganya murah. Adalah ubi yang mengandung segudang manfaat sehat di balik rasanya yang enak.

Konsumsi ubi bantu mengurangi kadar hormon stress bernama kortisol. Hal ini sudah di buktikan melalui penelitian. Penyebabnya adalah lantaran kandungan karbohidrat, vitamin C, dan potassium dalam ubi.

2. Telur

Jadi bahan makanan populer di berbagai negara, telur juga tergolong makanan penghilang stress. Telur utuh mengandung banyak vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang berperan dalam merespons stres dengan cara sehat.

Selain itu, telur juga mengandung kolin yang terbukti punya peranan penting untuk kesehatan otak. Asupan kolin juga bisa bantu melindungi seseorang dari efek buruk stres.

3. Ikan

Siapa sangka ikan juga bisa bantu mengusir stres. Pilihlah ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel.

Jenis ikan tersebut tinggi kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin D. Keduanya terbukti mampu mengurangi kadar stres dan membuat suasana hati yang lebih baik. Bonusnya, ikan ini juga bisa jadi sumber protein menyehatkan.

4. Bawang putih

Tergolong sebagai bumbu dapur, bawang putih punya sejuta manfaat sehat. Bawang putih tinggi senyawa sulfur yang bantu meningkatkan kadar glutathione. Antioksidan ini adalah bagian dari garis pertahanan pertama tubuh saat melawan stres.

Percobaan pada binatang juga menunjukkan efek positif bawang putih untuk meredakan stres dan mengurangi gejala keresahan dan depresi.

5. Brokoli

Brokoli terkenal sebagai super food. Konsumsinya rutin bisa bantu seseorang terhindar dari risiko penyakit jantung, kanker, hingga depresi.Brokoli mengandung magnesium, vitamin C, dan folat yang ampuh melawan gejala-gejala depresi.

6. Teh chamomile

Minum teh di kenal dengan manfaatnya yang bikin relaks. Pilihlah teh chamomile untuk mengusir stres.

Chamomile telah terbukti bisa membuat tidur lebih nyenyak dan mengurangi gejala keresahan dan depresi. Penelitian menunjukkan partisipan yang mengonsumsi ekstrak chamomile memiliki kadar kortisol saliva yang lebih rendah.

7. Biji bunga matahari

Makanan penghilang stres selanjutnya adalah biji bunga matahari. Tinggi kandungan vitamin E, bijian ini juga bersifat sebagai antioksidan yang kuat dan penting untuk menjaga kesehatan mental.

Biji bunga matahari juga mengandung nutrisi pereda stress seperti magnesium, mangan, selenium, zinc, dan vitamin B.

8. Kimchi

Makanan tradisional Korea ini juga terkenal akan khasiat sehatnya. Melalui proses fermentasi, kimchi mengandung bakteri baik bernama probiotik.

Kimchi juga tinggi kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Peneliti menemukan kaitan antara konsumsi makanan fermentasi dengan pengurangan rasa stress dan resah.

9. Matcha

Dari Jepang, ada makanan penghilang stres yang ampuh berupa matcha. Bubuk teh hijau ini mengandung asam amino dan L-theanine.

Penelitian menemukan matcha bantu kurangi stres saat kandungan L-theanine di dalamnya tinggi dan kafeinnya rendah.

10. Kerang

Kerang, termasuk tiram, mengandung asam amino seperti taurine. Jenis asam amino ini memiliki senyawa yang ampuh memperbaiki mood.

Taurine dan asam amino lainnya di perlukan tubuh untuk menghasilkan neurotransmitter seperti dopamine, yang berperan penting untuk mengatur respons stres. Makanan Penghilang Stres yang Enak dan Menyehatkan. GESITPOKERLOUNGE