Makanan Khas Mataram yang Bikin Ketagihan, Tertarik Coba

GESIT POKER TERPERCAYA – Makanan Khas Kota Mataram di Lombok dikenal akan kerajinannya. Mulai dari gerabah, kain songket, sampai kain tenun Suku Sasak yang sudah populer ke mana-mana.

Tapi selain kerajinannya, Kota Mataram juga ternyata merupakan surganya para pencinta makanan. Ada banyak makanan khas Mataram yang bisa kamu coba dan semuanya enak-enak.

Supaya gak bingung mau coba yang mana, berikut 5 makanan khas Mataram yang bikin ketagihan!

1. Ayam Taliwang 

5 Makanan Khas Mataram yang Bikin Ketagihan, Tertarik Coba?

Awalnya makanan ini adalah hidangan keluarga Kerajaan Mataram di masa lalu, lambat-laun makanan khas Mataram ini berubah menjadi makanan rakyat.

Ayam taliwang terbuat dari ayam kampung muda yang di beri beragam bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit keriting, terasi, kencur, tomat, garam, jeruk nipis, dan beberapa bumbu lainnya. Hidangan ini sendiri terbagi jadi dua versi, versi bakar dan versi goreng.

Uniknya, baik ayam Taliwang goreng atau bakar di masak dengan cara tradisional yakni dengan menggunakan kayu bakar terbaik sehingga memberikan rasa yang khas yang sulit untuk di lupakan.

2. Nasi Sukaraja 

5 Makanan Khas Mataram yang Bikin Ketagihan, Tertarik Coba?Nasi Sukaraja (ticmpu.id)

Sesuai dengan namanya, makanan satu ini berasal dari daerah Sukaraja di Mataram. Seporsi nasi sukaraja terdiri dari aneka lauk pauk seperti sayuran, ayam, dan tempe.

Sekilas memang tidak ada yang istimewa. Tapi jangan salah, rasa lauk pauk makanan khas Mataram ini jelas sangat berbeda dengan kuliner nasi lainnya.

Ini karena aneka sayuran dan lauk di olah dengan bumbu khusus juga santan sehingga rasanya lebih gurih. Bukan cuma lauknya, nasinya juga di masak dengan menggunakan tungku kayu bakar agar aromanya jadi lebih harum.

3. Beberuk Terong 

5 Makanan Khas Mataram yang Bikin Ketagihan, Tertarik Coba?

Bisa di bilang, beberuk terong adalah makanan khas Mataram yang di konsumsi masyarakat Mataram harian. Bagaimana tidak, makanan ini akan selalu bisa di temukan di mana-mana, baik itu di rumah warga atau restoran.

Beberuk terong terdiri dari terong, kacang panjang, dan bawang merah. Semua bahan ini di potong-potong, lalu di siram sambel khas yang terbuat dari cabai rawit, bawang putih, bawang merah, terasi, gula, dan garam. Beberuk terong kadang di sajikan mentah atau hanya di kukus.

Selain menjadi lauk, beberuk terong juga kadang menjadi makanan pendamping ayam Taliwang.

4. Sate Rembiga 

5 Makanan Khas Mataram yang Bikin Ketagihan, Tertarik Coba?

Tidak kalah dari Padang yang punya sate padang, Kota Mataram juga punya kuliner sate yang menjadi makanan khas Mataran bernama sate rembiga.

Berbeda dari sate lain di Indonesia yang terbuat dari daging kambing atau ayam, sate rembiga ini terbuat dari daging sapi.

Untuk membuatnya, daging sapi di otong-potong, lalu di tumbuk supaya empuk. Kemudian dagingĀ  dalam bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabai merah, gula merah, dan terasi selama 2 jam. Setelah semua bumbu meresap, sate di bakar hingga kering.

5. Ayam Rarang 

5 Makanan Khas Mataram yang Bikin Ketagihan, Tertarik Coba?

Buat kamu penggemar makanan pedas, kamu wajib mencicipi ayam rarang. Sekilas, ayam rarang terlihat seperti ayam balado. Namun setelah mencicipinya, kamu pasti tahu bahwa dua hidangan ini sangat berbeda. Sama seperti ayam Taliwang, ayam rarang juga menggunakan ayam kampung yang masih muda.

Makanan khas Mataram ini terbuat dari ayam yang kemudian di bakar dengan kayu bakar hingga setengah matang, sebelum di ungkep dengan aneka bumbu.

Agen Poker Terpercaya: Gesit Poker
WA Official 1 : +62 821-1486-3401

WA Official 2 : +62 813-6189-4300
Instagram : gesitpoker

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah A-New-Design-Made-with-PosterMyWall-1024x1024.jpg
SCAN BARCODE DAPAT JUTAAN RUPIAH!!

Situs Game Online : PKV Game Terpercaya Gesit Poker